Jemaah Calon Haji Kotim Terbang ke Madinah Hari Ini

12 open
EMBARKASI BANJARMASIN : Jajaran Kemenag Kotim membantu Jemaah Calon Haji Kotim turun dari pesawat di Bandara Samsudin Noor Banjarmasin, Jumat (2/6/2023) Pagi. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 188 jemaah calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah diberangkatkan dari Sampirt ke Banjarmasin Jumat (2/6) subuh. Jemaah naik pesawat NAM Air Boeing 737/500 dengan dua kali keberangkatan.

Keberangkatan pertama sebanyak 100 jemaah ditambah satu Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kotim pukul 05.00 WIB dan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pukul 07.OO WITA. Keberangkatan kedua sebanyak 88 orang pada pukul 08.40 WIB.
Jemaah asal Kotim terdiri dari 101 perempuan dan 87 laki-laki. Jemaah terbagi menjadi lima rombongan dengan total 19 regu. Masing-masing rombongan terdiri dari 4 regu.

Bacaan Lainnya

Setiba di embarkasi Banjarmasin, jemaah menuju asrama haji Banjarbaru dan disambut oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin di Gedung Aula Mekkah, Asrama Haji Banjarbaru.

“Jemaah tiba jam 12 siang WITA disambut dan diberikan arahan oleh PPIH Embarkasi Banjarmasin dan Tim Kesehatan Haji Daerah,” kata Kepala Kemenag Kotim Khairil Anwar melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kotim Tiariyanto, Jumat (2/6).
Setelah pemberian arahan, dilanjutkan pembagian living cost atau uang saku dari setoran masing-masing jemaah sebesar Rp 3.030.000 atau 800 Riyal.

Baca Juga :  Angkut Jemaah Calon Haji, Pemkab Kotim Carter Nam Air ke Embarkasi Banjarmasin

“Pak Bupati Kotim Halikinnor memberikan uang saku sebesar Rp 1 juta dan sampai embarkasi Banjarmasin jemaah mendapatkan bantuan uang saku lagi Rp 1 juta dari Pak Gubernur Kalteng,” katanya.

Setelah pembagian living cost selesai, dilanjutkan pembagian gelang, ID card, paspor yang sebelumnya diserahkan ke Kanwil Kemenag ke PPIH Embarkasi Banjarmasin dan kemudian diberikan lagi ke jemaah saat tiba di embarkasi Banjarmasin.

“Seluruh jemaah juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Alhamdulillah semua dalam kondisi sehat, hanya ada dua jemaah yang kadar hemoglobinnya rendah, dan ada yang tekanan darah tinggi, mudah-mudahan itu tidak jadi masalah, semua jemaah bisa melanjutkan perjalanan panjang menuju Madinah,” ujarnya.

Siang hingga malam hari, jemaah diberikan waktu makan, salat wajib, dan beristirahat di Hotel Jabal Rahmah yang berada di Kawasan Asrama Haji Banjarbaru.



Pos terkait