Kalteng Damai Harga Mati! Polda Antisipasi Kemungkinan Terburuk saat Pelaksanaan Pemilu

pekerja melakukan pengemasan logistik pemilu di gudang logistik kpu palangka raya, kalimantan tengah, kamis (8/2/2024).
Pekerja melakukan pengemasan logistik pemilu di gudang KPU Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (8/2/2024). KPU Kota Palangka Raya mengemas berbagai macam jenis logistik Pemilu 2024 untuk didistribusikan ke 827 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 13 februari 2024. ANTARA FOTO/Auliya Rahman/nz

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Keamanan dan kedamaian pelaksanaan pesta demokrasi di Kalimantan Tengah jadi harga mati bagi aparat keamanan. Polda Kalteng berupaya mencegah gangguan dan mengantisipasi kemungkinan terburuk pelaksanaan pemilu dengan menutup ruang bagi pengacau.

”Kami mitigasi berbagai potensi gangguan. Polisi akan melihat skenario yang paling buruk, baik yang telah terjadi atau potensi yang akan terjadi. Jangan beri kesempatan ruang dan waktu serta tempat bagi orang yang ingin mengacaukan kamtibmas maupun pemilu. Jadikan Kalteng aman, damai, dan nyaman,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kamis (8/2/2024).

Bacaan Lainnya

Djoko menuturkan, semua potensi dan hal-hal yang tak diinginkan telah diantisipasi. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu. ”Kerja sama dengan berbagai pihak. Kita sepakat pemilu aman dan damai,” tegasnya.

Sementara itu, Kajati Kalteng Undang Mugopal mempertegas netralitas jajarannya dalam pemilu. Pihaknya akan ikut menyukseskan pesta demokrasi 14 Februari mendatang dengan menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga :  Sebut Sudah Ketahui Posisi Dua Pembunuh Polisi, Diminta segera Menyerahkan Diri

”Seluruh kejaksaan netral, meskipun memiliki hak pilih. Jika ditemukan tak netral, lapor saja langsung. Pemilu 2024 diharapkan dapat terwujud demokrasi yang aman dan kondusif,” katanya.

Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Ganda Napitupulu mengatakan, personelnya siap mengamankan setiap kegiatan masyarakat di Palangka Raya. Terutama yang terkait tahapan Pemilu 2024.

”Kami siap dan kami menekankan pada seluruh personel untuk melaksanakan tugas dengan profesional, penuh tanggung jawab guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif saat berlangsungnya seluruh tahapan,” katanya.

Pemkab Kotim Minta Perusahaan Terlibat Amankan Distribusi Logistik 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur Fajrurrahman menegaskan, distribusi logistik dan pemungutan suara menjadi tahapan yang penting dalam pemilu. Kesigapan serta kerja sama semua pihak sangat diperlukan untuk memastikan pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan lancar dan aman.



Pos terkait