Kandidat Obat Covid-19 dari AS, Minum Pil Ini Bisa Sembuh dalam 5 Hari

Ilustrasi penelitian obat Covid-19
Ilustrasi penelitian obat Covid-19 (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Amerika Serikat saat ini tengah mengembangkan kandidat kuat obat Covid-19. Namanya Molnupiravir. Obat antivirus tersebut saat ini masih dalam tahap uji klinis.

Dilansir dari WTSP, Minggu (18/7), ahli epidemiologi molekuler dr. Jill Roberts mengatakan, cara kerja obat ini adalah mengacaukan replikasi virus. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap musang.

Bacaan Lainnya

Obat ini bahkan diyakini bisa mencegah seorang penderita Covid-19 dirawat inap, bahkan bisa mencegah penularan. Tak cuma itu, obat ini diyakini bisa menangkal serangan Covid-19 yang bermutasi di masa depan.

“Obat ini adalah alat obat yang hebat. Jika di masa depan Covid-19 bermutasi dan vaksinasi yang sudah kita terima tidak bisa menangkalnya, obat ini bisa,” jelas Roberts.

Penderita Covid-19 nantinya bisa minum obat di rumah selama 5 hari, dan diyakini akan langsung pulih.

Baca Juga :  Akan Turun Gunung, Pengamat: Langkah SBY Hadirkan Demokrat Reborn

Menurut Roberts, produsen obat Merck saat ini sudah berada di belakangnya. Merck memiliki sumber daya untuk melakukan uji coba yang cukup besar untuk dikirim ke FDA (BPOM AS, Red) guna mendapatkan Otorisasi Penggunaan Darurat, bahkan otoritas penuh.

Obat ini, kata Roberts, juga dapat digunakan untuk orang yang belum divaksinasi. Bentuknya adalah pil, bukan infus seperti di rumah sakit.

Obat tersebut kini dikembangkan bersama oleh dua perusahaan farmasi besar yaitu Rigibel di Jerman, dan Merck di Amerika Serikat. Molnupiravir sudah melewati uji klinis fase pertama dan kedua pada manusia. Efeknya 100 persen. Uji klinis fase 3 saat ini hampir berakhir, dan efeknya sangat bagus.

Sayangnya, belum ada kepastian kapan obat ini akan tersedia.(JPG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *