Kapal Wisata di Kobar Diminta Siapkan Life Jacket

Wisata Kobar
KESELAMATAN: Pemeriksaan alat keselamatan kapal wisata di Pelabuhan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, belum lama ini.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat mengecek alat keselamatan di kapal wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Langkah ini guna memastikan keselamatan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat Henri Purnama mengatakan, kegiatan monitoring dipusatkan di pelabuhan pariwisata TNTP, dengan sasaran kapal wisata yang melayani rute Tanjung Puting.

Bacaan Lainnya

“Monitoring alat keselamatan pelayaran di masa libur panjang pada angkutan pariwisata di Taman Nasional Tanjung Puting,” ujarnya, Senin (26/5/2024).

Menurutnya, kegiatan yang melibatkan BPTD wilayah XVI Kalimantan Tengah-Direktorat Perhubungan Darat, Satpolairud Polres Kobar, terpantau hanya ada dua kapal wisata yang beroperasi.

“Tidak ditemui kapal wisata yang tanpa alat keselamatan, dari pemeriksaan yang dilakukan tadi alat keselamatan tersedia sesuai dengan kapasitas jumlah penumpang kapal,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jangan Tunggu Nyawa Melayang Kemudian Ditertibkan

Menurutnya, kegiatan pemeriksaan alat keselamatan dilakukan secara rutin, termasuk sosialisasi alat keselamatan kepada motoris transportasi air di Daerah Aliran Sungai Arut.

Diharapkannya dengan pemeriksaan secara rutin terhadap pelaku transportasi air baik wisata maupun jasa penumpang masyarakat mendapatkan kepuasan melakukan perjalanan menggunakan transportasi di wilayah Kobar.

“Dengan semakin meningkatnya arus lalulintas air, pemeriksaan keselamatan dapat memberikan rasa aman, nyaman dan selamat pada setiap penumpang baik masyarakat lokal, wisatawan nusantara maupun mancanegara, dan nantinya juga akan berdampak terhadap citra positif pariwisata Kobar hingga keluar negeri,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait