Ketua KPU Kotim Ingatkan PPK Jaga Independensi

pelantikan ppk
DILANTIK: Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi melantik 85 anggota PPK di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Kamis (16/5/2024). (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) resmi dilantik Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur. Mereka diminta menjaga sikap independen selama bertugas.

”Masing-masing lima anggota bertugas di tiap kecamatan dengan sebaran 17 kecamatan se-Kotim,” kata Muhammad Rifqi, Ketua KPU Kotim, Kamis (16/5/2024).

Bacaan Lainnya

Rifqi menuturkan, PPK mulai menjalankan tugas selama tahapan Pilkada 2024 sejak dilantik dengan masa kerja delapan bulan. Masa tugasnya berakhir pada 27 Januari 2025.

Rifqi menambahkan, anggota PPK Kotim membantu pihaknya dalam proses perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah dibuka pendaftarannya mulai 2-8 Mei 2024.

”PPK bertugas membantu KPU Kotim dan proses perekrutan sampai pembentukan dilakukan oleh PPK masing-masing di 17 Kecamatan,” ujarnya.

Calon anggota PPS juga telah melaksanakan seleksi CAT pada Rabu (15/5/2024) yang diikuti sebanyak 108 dari perwakilan tiga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, dan Seranau yang terbagi menjadi tiga sesi di LPP Quantum Jalan Pramuka.

Baca Juga :  Formasi DPRD Kotim Akhirnya Lengkap

”Seleksi tertulis dijadwalkan mulai 15-18 Mei dengan dua metode tes tertulis CAT dan konvensional. Tanggal 17-18 tes tertulis manual menggunakan kertas yang akan diikuti 595 orang dari perwakilan dari 14 kecamatan di kecamatan masing-masing, di luar dari tiga kecamatan yang sudah lebih dulu melaksanakan seleksi CAT,” katanya.

Setelah itu, dijadwalkan tes wawancara calon anggota PPS pada 21 Mei. Nantinya akan direkrut sebanyak 555 calon anggota PPS masing-masing tiga orang tiap desa dan kelurahan yang tersebar di 185 desa dan kelurahan se-Kotim.

”Setelah itu tugas PPK berikutnya dalam waktu dekat di akhir Mei ini akan mulai dilakukan pemutakhiran data pemilih,” ujar Rifqi.

Lebih lanjut Rifqi mengingatkan anggota PPK yang telah dilantik agar menjalankan peran dan tugasnya dengan maksimal selama tahapan Pilkada 2024 berlangsung.

”PPK menjadi ujung tombak yang berperan dalam pelaksanaan pilkada. Maka itu, jangan sampai dalam menjalankan tugasnya malah menjadi masalah saat tahapan hingga akhir nanti,” katanya.



Pos terkait