KPU Kalteng Rekrut Ribuan Anggota PPS untuk Pilkada Serentak

pak harmain kpu
Anggota KPU Kalteng, Harmaian

PALANGKA RAYA, radarsampit.com –  Tahapan Pilkada Kalteng mulai bergulir. KPU Kalteng mulai melakukan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui seleksi terbuka, bukan pengangkatan kembali PPK dan PPS yang bertugas pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Anggota KPU Kalteng, Harmaian mengatakan, tahapan pendaftaran calon anggota PPK dilaksanakan selama 5 hari pada 23-27 April. Adapun pendaftaran calon anggota PPS dilaksanakan pada 2-6 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, proses seleksi akan dilaksanakan melalui tahapan penelitian administrasi, seleksi tertulis, dan wawancara. Sampai pada saatnya dilaksanakan pelantikan untuk calon terpilih.

”Untuk anggota PPK akan dilaksanakan pelantikan pada 16 Mei 2024. Sedangkan pelantikan anggota PPS untuk Pilkada 2024 dilaksanakan pada 26 Mei 2024,” katanya.

Mantan Ketua KPU Kalteng ini menegaskan, ada 136 jumlah kecamatan di Kalimantan Tengah, berarti akan terpilih sebanyak 5 x 136 kecamatan, yaitu 680 orang. Kemudian, ada 1.571 desa/kelurahan di Kalimantan Tengah, sehingga akan terpilih 4.731 anggota PPS se-Kalteng.

Baca Juga :  Disdik Kota Sosialisasi BOP PAUD Tahun 2023

”Untuk pengumuman dan pendaftaran calon anggota PPK dan PPS dilaksanakan di kantor KPU kabupaten/kota se-Kalteng,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait