Launching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting 2024

pemkab Kobar
RESMI: Pemukulan gong oleh Sekda Kobar Rody Iskandar, pada acara launching pelaksanaan intervensi pencegahan stunting serentak tahun 2024 di Desa Lada Mandala Jaya, Jumat (7/6/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat melaunching pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting tahun 2024 yang digelar di Desa Lada Mandala Jaya Kecamatan Pangkalan Lada, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Barat, Rody Iskandar dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Rody Iskandar menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua stackholder terkait atas kerja keras dalam rangka pencegahan stunting di Kabupaten Kobar.

“Melalui kolaborasi lintas sektor dan lintas program terkait, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa harapan kita bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Kegiatan intervensi ini adalah dalam rangka menyisir seluruh sasaran dan melakukan intervensi yang sesuai standar,”ujarnya.

Menurutnya, percepatan penurunan stunting saat ini merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan merupakan salah satu tujuan pembangunan nasional, dengan indikator dan target angka prevalensi stunting pada balita sebesar 14 persen secara nasional pada tahun 2024. Sedangkan target kabupaten Kobar sebesar 12,49 persen pada tahun 2024.

Baca Juga :  Tingkatkan Peran Masyarakat Cegah Kekerasan pada Anak

Sementara Ketua Sekretariat Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kotawaringin Barat Fitriana menyampaikan, tujuan intervensi serentak ini adalah untuk mendeteksi secara dini terkait masalah gizi, serta memberikan edukasi terkait stunting kepada seluruh sasaran, seperti ibu hamil balita dan calon pengantin.

“Kegiatan ini harapan kita, outputnya tercapainya jumlah kunjungan sasaran, baik itu ibu hamil, balita atau calon pengantin ke posyandu dengan target 100 persen,”terangnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan harapan bisa tercapai sesuai target yang ditetapkan.

Sementara itu Kepala Desa Lada Mandala Jaya, Arifin, menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan yang digelar di desanya ini. Ia juga menyampaikan perkembangan proses penanganan stunting di desanya.

Launching intervensi pencegahan stunting   ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Kobar, kemudian dilanjutkan dengan pelayanan kepada kegiatan posyandu terhadap balita di Desa Lada Mandala Jaya. (sam/gus)



Pos terkait