Lebaran Berbeda, Toleransi Umat di Palangka Raya Kian Tinggi

Ribuan Warga Muhammadiyah Palangka Raya Laksanakan Salat Idulfitri

salat ied
SALAT: Warga Muhammadiyah melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Darul Arqam Palangka Raya, Jumat (21/4). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Ribuan Warga Muhammadiyah bersama masyarakat umum lainnya di Kota Palangka Raya melaksanakan salat Idulfitri 1444 Hijriah di sejumlah lokasi yang telah disiapkan sebelumnya.

”Salat Idulfitri 1444 Hijriah ini dilaksanakan serentak oleh seluruh warga Muhammadiyah serta warga masyarakat lain,” kata Ketua Panitia Ketua Panitia Pelaksana Salat Idulfitri Muhammadiyah Palangka Raya, Irwani di Palangka Raya, Jumat.

Bacaan Lainnya

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, salat Idulfitri yang dilaksanakan warga Muhammadiyah di sekitar Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng tahun ini digelar di Masjid Darul Arqam, Palangka Raya.

Antusiasme warga Muhammadiyah dan warga setempat terlihat dengan penuhnya seluruh bagian masjid tersebut dengan jemaah salat Idulfitri. Dari biasanya hanya dua lantai yang terpakai, pada momen ini lantai dasar dan seluruh bagian masjid terisi penuh oleh jamaah.

”Tahun ini kami tidak bisa melaksanakan salat Idulfitri di lapangan, karena kondisi tempatnya yang tergenang air usai kemarin sore hujan lebat mengguyur Kota Palangka Raya. Akhirnya panitia memindahkan lokasi salat di Masjid Darul Arqam,” kata Irwani.

Baca Juga :  Ratusan Massa Protes Penangkapan Penambang Ilegal, Desak Dibebaskan

Di sisi lain, meski terjadi ketidaksamaan dalam penetapan Idulfitri antara Muhammadiyah dan pemerintah, namun kondisi tersebut tidak menjadi hambatan atau pun mengganggu memaknai hari Lebaran dan hari kemenangan.

Perbedaan tersebut juga tidak menjadikan gangguan atau ancaman keamanan, justru menjadikan umat Islam di Kota Palangka Raya semakin saling menghormati, menghargai serta menjaga toleransi dan kebersamaan di tengah pilihan masing-masing.

Khotib shalat Idulfitri di Masjid Darul Arqam, Dr Nurcahyono mengajak umat warga Muhammadiyah dan seluruh umat Islam menjadikan momen Idul Fitri untuk meningkatkan rasa syukur terhadap Allah atas segala karunia yang diberikan.

”Mari jadikan momen Idulfitri untuk meningkatkan kembali rasa kepedulian, kebersamaan, toleransi, menghargai serta saling memaafkan seperti tempaan selama Ramadhan yang mengajarkan kita mengekang hawa nafsu,” katanya.



Pos terkait