Lima Rumah di Kapuas Ludes Terbakar

KEBAKARAN : Petugas pemadam kebakaran dibantu warga memadamkan api di salah satu rumah yang terbakar, Rabu (8/12). IST/RADAR SAMPIT

KUALA KAPUAS – Kebakaran besar kembali terjadi di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas. Sedikitnya lima rumah di Jalan Seth Aji, Kelurahan Selat Hilir, ludes terbakar dalam musibah yang terjadi, Rabu (8/12) kemarin.

Api cepat membesar melalap pemukiman padat penduduk. Pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan saat proses pemadaman karena lokasi kejadian berada di dalam lorong sempit.
Lurah Selat Hilir Mohammad Akhmad mengungkapkan, awal mula kebakaran diduga akibat korsleting listrik, api terus membesar, merambat ke beberapa rumah sebelum pemadam kebakaran berdatangan untuk lakukan pemadaman.
“Api dapat dipadamkan setelah pihak pemadam kebakaran datang ke lokasi, dugaan sementara yaitu arus pendek listrik dari salah satu rumah,” kata Akhmad.
Ia menyebutkan, rumah yang terbakar sebanyak lima unit, dengan rincian, tiga rumah ludes dan dua unit rumah hanya mengalami kebakaran di bagian dapur.
“Rumah yang hangus terbakar yaitu milik Tiwun JS Laman mengalami kerugian Rp 250 juta, Ami Lelo kerugian Rp 100 juta, Rosiana kerugian Rp 160 juta, semuanya habis terbakar dan tidak ada sisa. Sementara hanya dapurnya saja yang terbakar milik Ijtuek Simpei kerugian Rp 75 juta dan rumah Nane dengan kerugian 35 Juta,” sebutnya.
Polres Kapuas langsung terjun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian dan penyelidikan penyebab kebakaran. “Kebakaran ini sempat mengejutkan warga pusat kota Kuapa Kapuas,” tandasnya. (der/fm)

Pos terkait