Menanti Tersambungnya Penghubung Kalteng-Kalbar

jembatan
PENGHUBUNG: Pembangunan Jembatan Jelai terus diupayakan Pemkab Sukamara agar segera terhubung dengan Kalbar. (RADAR SAMPIT)

SUKAMARA – Akses antara desa di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) yang terdekat dengan kabupaten Sukamara masih mengandalkan jalur sungai. Meski demikian akses darat antar di wilayah Kalbar itu sudah terbuka, sehingga tinggal menunggu Jembatan Jelai terhubung maka akses ke Kalteng akan tersambung.

Menurut informasi yang diperoleh dari warga Desa Sungai Buluh, Kecamatan Manis Mata, Kalbar, akses darat di wilayah mereka sudah terbuka sejak beroperasinya perusahaan perkebunan kelapa sawit. Namun, saat ini jika ingin ke Sukamara hanya bisa melalui jalur sungai.

Bacaan Lainnya
Gowes

Begitupun di wilayah Desa Jambi sudah bisa mengakses hingga jalan menuju jembatan. Namun, karena pembangunan jalan belum tuntas, maka warga memilih menggunakan jasa perahu mesin untuk mengangkut kendaraan menyeberang ke Sukamara dan sebaliknya.

”Untuk jalan sebenarnya sudah ada dan tinggal menembuskan saja ke jembatan. Banyak warga yang menyeberang membawa sepeda motor melalui jalan itu. Mudah-mudahan tahun ini sudah tersambung sehingga bisa dilewati,” harap Jenal, salah seorang warga.

Baca Juga :  Cabor Sepakbola Kobar Pertanyakan Kejelasan Medali Porprov Kalteng

Warga juga menyebutkan bahwa jarak tempuh jalur darat juga akan lebih cepat dibanding jalur sungai. Misalnya saat ke Desa Sungai Buluh diperkirakan kurang dari satu jam perjalanan darat melalui Desa Jambi. Begitupun sebalinya, akses dari Sukamara ke wilayah Kalbar juga terbuka.

”Jika jembatan terhubung maka akses darat dari Sukamara ke Kalbar akan terbuka, baik menuju Kendawangan, Ketapang dan wilayah lainnya yang terdekat,” cerita Iwan warga lainnya. (fzr/sla)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *