MenPANRB Pastikan Buka Seleksi CPNS Tahun 2023

Seleksi CPNS
BERSAING: Peserta seleksi CPNS di lingkup Pemprov Kalteng mengikuti CAT SKD, yang di gedung BKD Pemprov, Selasa (14/9). (yusho/radarsampit)

JAKARTA, RadarSampit.com – Telatnya seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2022 membuat masyarakat ketar-ketir soal seleksi tahun depan. Apalagi, tahun ini didominasi oleh seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menjawab kegundahan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan, bahwa pemerintah akan membuka CASN tahun 2023. Kabar baiknya, bukan hanya untuk formasi PPPK tapi juga calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Bacaan Lainnya

”Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,” tegasnya, di Jakarta, Senin (26/12).

Pada pengadaan tahun 2023, kata dia, ada empat arah kebijakan yang mendukung transformasi sumber daya manusia (SDM). Pertama, pelayanan dasar. Yakni guru dan tenaga kesehatan. ”Fokus tersebut dilakukan juga untuk menyelesaikan masalah tenaga non-ASN secara optimal,” jelasnya.

Baca Juga :  Seruyan Dapat 572 Formasi CPNS dan P3K

Kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital dan data scientist secara terukur. Ketiga, merekrut CPNS secara sangat selektif. Pada rekrutmen CPNS ini, pemerintah memprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya. Termasuk, talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang jabatan pelaksana pegawai negeri sipil di lingkungan instansi pemerintah.

Terakhir, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Pemerintah sendiri masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital ini. ”Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” ungkap Mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Pos terkait