Saat Malam Pergantian Tahun, Bundaran Pancasila Wajib Bersih dari PKL

satpol pp
PEMBINAAN PKL: Para Pedagang Kaki Lima saat diimbau oleh Satpol PP untuk tidak jualan di malam pergantian tahun, Senin (26/12). (Istimewa)

PANGKALAN BUN – Kawasan Bundaran Pancasila saat malam pergantian tahun 2023 diharapkan steril dari aktivitas pedagang kaki lima yang biasa mangkal di kawasan tersebut. Terutama mulai dari depan Taman Makam Pahlawan hingga depan taman kota.

Sterilnya kawasan tersebut, lantaran Bundaran Pancasila akan menjadi pusat konsentrasi massa yang datang dari segala penjuru kota Pangkalan Bun dan sekitarnya untuk merayakan malam pergantian tahun.

Bacaan Lainnya

Kabid Penegakkan Perda dan Koordinator PPNS wilayah Kobar, Satpol PP dan Damkar Kobar, Fahliansyah mengatakan, sejak jauh hari Satpol PP telah memperingatkan pedagang dan mengimbau kepada mereka agar pada malam pergantian tahun tidak berjualan di kawasan Bundaran Pancasila.

“Kita lakukan pendekatan secara persuasif dengan memberikan himbauan kepada PKL di sekitaran area bundaran Pancasila,” ujarnya, Senin (26/12).

Perlunya kawasan tersebut bersih dari aktivitas PKL lantaran selain menjadi pusat konsentrasi masa juga beberapa agenda menyambut tahun baru akan dipusatkan di kawasan Bundaran Pancasila.

Baca Juga :  Pembakar Lahan Sungai Bakau Ditangkap

Ditegaskannya, Satpol PP secara bertahap akan meminta pada hari menjelang malam tahun baru , bukan hanya di Jalan Iskandar dari depan TMP Indra Putra sampai Taman Kota tetapi juga akan menyasar PKL dari arah Jalan Rafi’i. “Bertahap, arah Auri dan HM Rafi’i tetap kita akan imbau, terutama sekitaran area Bundaran Pancasila,” tegasnya.

Menurutnya, selama ini Satpol PP terus melakukan upaya pendekatan persuasif dengan imbauan, dan bukan hanya di titik area bundaran tetapi juga di area jalur hijau lainnya, dan hal itu rutin dilakukan oleh patroli baik siang maupun malam.

Nantinya, pada malam tahun baru pihaknya akan melakukan pengawasan di area-area yang akan disterilkan, Satpol PP selain penjagaan baik di pos Mako Satpol PPjuga di pos Damkar juga melakukan penjagaan dibeberapa titik posko Nataru bersama unsur gabungan.

“Malam tahun baru PKL mengalah dahulu dan mengutamakan kepentingan pejalan kaki, karena PKL memanfaatkan trotoar untuk berjualan di area Bundaran Pancasila,” pungkasnya. (tyo/sla)

Pos terkait