Mesin Bermasalah, Pesawat Lion Air Tujuan Palembang Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hatta

pesawat lion air
Ilustrasi

RadarSampit.com – Pesawat maskapai Lion Air bernomor JT-330 rute Jakarta (Soekarno-Hatta)-Palembang mengalami kerusakan mesin saat lepas landas pada Rabu (26/10). Hal itu dibenarkan oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro.

Danang mengatakan, Pesawat Lion Air JT-330 sudah lepas landas sejak pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 tamu (penumpang). Setelah beberapa jenak mengudara dan pesawat sudah berada di ketinggian 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya.

Hal itu kemudian membuat pilot memilih untuk putar balik dan tak meneruskan perjalanan ke Palembang demi keselamatan penumpang dan untuk mengecek kerusakan mesin yang dirasakan. “Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandara udara asal (return to base) di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta,” jelas Danang.

Menurutnya, pesawat kemudian mendarat secara aman dan normal ketika lepas landas di Bandara Soekarno Hatta.  “Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir(apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal,” urainya.

Baca Juga :  Pertamina Turunkan Harga Pertamax Jadi Rp13.900

Atas kejadian tersebut, Danang mengucapkan permohonan atas ketidaknyamanan yang terjadi pada penumpang Pesawat Lion Air JT-330. Pihaknya sudah mengganti penerbangan dengan pesawat lainnya.

“Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, pukul 20.20 WIB,” tandasnya. (JawaPos.com)

Pos terkait