Parpol Mulai Buka Pendaftaran Bacaleg, Ini Syarat Penting jika Mau Dicalonkan

Pemilu
Ilustrasi Pemilu. (net)

SAMPIT, radarsampit.com – Sejumlah partai politik kini gencar melakukan penjaringan dan pendekatan kepada figur-figur yang potensial untuk maju menjadi calon anggota legislatif 2024 mendatang.  Gerindra, misalnya, sudah melakukan perekrutan secara terbuka. Sejumlah berkas bacaleg akan segera dikirim ke DPD Gerindra Kalteng.

”Untuk berkas bacaleg Gerindra akan dikirim ke DPD dan akhir bulan ini sudah selesai masa penjaringannya,” kata Ketua DPC Gerindra Kotim Ary Dewar, Selasa (27/9).

Bacaan Lainnya

Ary menuturkan, sejumlah tokoh telah menyatakan bergabung dan maju melalui Partai Gerindra, baik di DPRD kabupaten maupun provinsi, melalui daerah pemilihan Kotim-Seruyan.
Sekretaris DPC Gerindra Kotim Juliansyah mengatakan, dengan dikirimnya berkas, bukan berarti perekrutan ditutup. Berkas lain masih bisa menyusul. Berkas tersebut akan diteliti DPD Gerindra Kalteng. Apabila ada yang kurang, akan diminta melengkapi.

”Tanggal 31 September berkas yang ada ini sekitar 80 persen sudah beres dan akan dikirim terlebih dahulu,” ujarnya.

Baca Juga :  Didesak Bubar, Begini Respons Pasukan Merah Kalteng

Sementara itu, Partai Demokrat Kotim tengah menjaring bakal caleg yang akan diturunkan bertarung dalam Pileg 2024. ”Demokrat memanggil putra-putri terbaik Kotawaringin Timur. Siapa pun dia, kami membuka diri bagi mereka bisa bergabung di Partai Demokrat,” kata Jhon Krisli, Ketua DPC Demokrat Kotim.

Partai Demokrat saat ini mulai gencar melakukan perkenalan di tengah masyarakat, di antaranya dengan melaksanakan sejumlah event. Strategi demikian bakal berlangsung hingga 2024 mendatang.

”Yang pasti mereka ingin bergabung ke Partai Demokrat harus memenuhi syarat yang ditentukan dan hingga nantinya bisa ditetapkan menjadi caleg. Selain popularitas, ada isi tas,” kata dia.

Selain itu, Partai Nasdem juga tengah menjaring bakal caleg. Sejumlah kader muda akan  bergabung di partai tersebut. ”Kami jaring bakal caleg yang ingin maju melalui partai Nasdem. Yang pasti mereka yang punya keinginan politik dan kemampuan untuk menyakini partai bisa dicalonkan,” kata Ketua DPD Nasdem Kotim Ansen Tue. (ang/ign)

Pos terkait