Pelaku Usaha di Palangkaraya Dilatih Penanganan Kebakaran

damkar
PELATIHAN : Koordinator Call Center 112 Palangka Raya Sucipto saat memberikan penjelasan terkait perlengkapan dan cara penanganan kebakaran, Jumat (1/3/2024). (ISTIMEWA/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palangka Raya melaksanakan edukasi dan pelatihan ringan pemadaman kebakaran bangunan di bantaran sungai kepada pelaku usaha kapal susur sungai.

Latihan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi potensi kebakaran di daerah bantaran sungai, serta bisa mengambil langkah – langkah dini penanganan kebakaran.

Bacaan Lainnya

Koordinator Call Center 112 Palangka Raya, Sucipto menyampaikan, edukasi dan pelatihan ini meliputi pengetahuan dasar tentang api, cara menggunakan mesin pemadam kebakaran yang dimiliki oleh pelaku usaha kapal susur sungai.

“Ini sangat penting. Kami ingin memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pelaku usaha kapal susur sungai, karena mereka sering melintasi daerah bantaran sungai yang rawan kebakaran. Saya yakin ini berdampak baik dan positif,” ujar Sucipto, Jumat (1/3/2024).

Sucipto berharap, dengan adanya edukasi dan pelatihan ini, masyarakat bisa lebih siap dan tanggap dalam mengatasi kebakaran, terutama yang terjadi di sekitar bantaran sungai Palangka Raya.

Baca Juga :  Gandeng MUI, Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Audit Sertifikasi Halal Rumah Potong Unggas

“Jika ada kebakaran kami harapkan mereka bisa membantu memadamkan melalui jalur sungai, sehingga bisa meminimalisir kerugian dan korban jiwa,” ujar Sucipto.

Ia menekankan, pelatihan ini juga  berperan penting untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dari sisi penyelamatan hingga kebencanaan.

“Kegiatan itu  penting untuk edukasi tentang bahaya api agar semua  lebih waspada dan tidak bermain dengan api. Kami mengenalkan peralatan yang digunakan dalam pemadaman. Intinya sama-sama kita mewaspadai dan segera melapor jika terjadi hal-hal tak diinginkan,” tandasnya. (daq/fm)

 



Pos terkait