Pelosok Seruyan masih Kekurangan Nakes

Anggota DPRD Seruyan,tenaga kesehatan,Kecamatan Seruyan Tengah,Seruyan Hulu,Batu Ampar dan Suling Tambun
Atinita

KUALA PEMBUANG, RadarSampit.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada pemerintah  kabupaten setempat untuk menambah tenaga kesehatan (nakes) guna pemerataan hingga ke pelosok desa.

Seperti dikatakan Anggota DPRD Seruyan Atinita,  tidak bisa dipungkiri saat ini masih banyak desa-desa pelosok di Seruyan yang masih memerlukan tambahan nakes.

Bacaan Lainnya

Dicontohkannya di daerah pemilihan III (Dapil III) yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun, yang dari pantauan tim reses DPRD masih ada beberapa desa yang membutuhkan ditempatkannya nakes maupun minta penambahan.

“Dari tinjauan kami saat reses, masih ada beberapa desa yang butuh tambahan nakes, bahkah sebagian desa ada yang kosong sama sekali nakesnya. Oleh karena itu ini harus manjadi atensi pemerintah agar kiranya dilakukan pemerataan tenaga kesehatan di wilayah setempat,” kata Atinita, Jum’at (6/1) tadi.

Baca Juga :  Limbah Sawit Perlu Diawasi Berkala

Politikus Partai Galkar melanjutkan, permasalahan kurangnya tenaga kesehatan tersebut menjadi persoalan di tengah masyarakat saat ini. Menurutnya tidak sedikit dari masyarakat mengeluh terutama mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Tidak sedikit dari warga itu mengeluh jika ingin cek kesehatan, berobat dan lainnya, dengan tidak adanya nakes terpaksa masyarakat yang butuh layanan kesehatan harus pergi ke ibukota kecamatan yang tentu sangat jauh dan harus melalui akses jalan yang sulit,” tuturnya.

Ditambah lagi lanjutnya, masyarakat harus merogoh kocek yang lumayan banyak akibat akses jalan yang teramat jauh tersebut karena harus melintasi beberapa jalur alternatif,  baik itu jalur sungai dan darat sebelum sampai ke pusat kesehatan di ibukota kecamatan.

Oleh karena itu, Atinita berharap pemerintah kabupaten Seruyan melalui instansi terkaitnya bisa memperhatikan permasalahan ini secara serius. ”Pemerataan nakes di setiap desa dinilai sangat penting untuk pemerataan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” tandasnya. (rk2/gus)

 

Pos terkait