Pemudik Diminta Tak Memaksakan Diri saat Arus Balik

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk taat berlalu lintas di jalan raya saat masa arus balik Lebaran
PENGAMANAN: Anggota Dit Lantas Polda Kalteng melaksanakan pengamanan arus lalu lintas di wilayah Kota Palangka Raya, Rabu (4/5). (ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng)

PALANGKA RAYA – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk taat berlalu lintas di jalan raya saat masa arus balik Lebaran. Selain itu, tak memaksakan diri berkendara atau mengemudi apabila kondisi tubuh tak memungkinkan.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, Kamis, mengatakan, imbauan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas) adalah demi kebaikan bersama khususnya pemudik agar tetap berhati-hati selama perjalanan.

Bacaan Lainnya

”Para pengendara baik roda dua maupun roda empat saat berkendara harus dalam kondisi fit, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan,” katanya.

Dia menuturkan, selain kondisi tubuh harus fit kendaraan juga wajib dalam performa yang baik. Jika kondisi tidak memungkinkan jangan dipaksakan untuk berkendara, sebab dapat membahayakan. Apabila kondisi tidak fit, maka dapat beristirahat sejenak.

Baca Juga :  Jaringan Pengedar Narkoba Rambah DAS Mentaya

”Dalam hal ini kami juga sering memgingatkan para pengendara baik roda dua dan empat melalui spanduk maupun media massa, agar mereka tidak mengalami kecelakaan di jalan raya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Eko juga mengutarakan bagi para pemudik yang lelah bisa beristirahat di pos pelayanan yang telah disediakan oleh Kepolisian dan instansi terkait lainnya.

”Jika lelah istirahat di pos pelayanan yang ada, jangan dipaksanakan untuk tetap berkendara,” tegasnya.

Kabid Humas juga memberikan tips berkendara dengan baik, yakni jangan tergesa-gesa, perhatikan keselamatan di jalan dan patuhi semua peraturan lalu lintas yang ada.

”Semoga melalui imbauan ini, masyarakat bisa lebih aman dan selamat sampai tujuan,” tutupnya. (ewa/ant)

Pos terkait