Pemudik Jalur Udara Melonjak, Sudah 12 Ribu Orang Terbang Melalui Iskandar

Pergerakan arus mudik melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun ini sudah mulai terjadi sejak awal bulan suci Ramadan
MUDIK: Aktivitas mudik Lebaran terus meningkat melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Mendekati Lebaran, akan ada tambahan penerbangan dan penerbangan carter. (RINDUWAN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN – Pergerakan arus mudik melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun ini sudah mulai terjadi sejak awal bulan suci Ramadan. Hingga saat ini, total pergerakan penumpang yang meninggalkan Kobar melalui Bandara Iskandar mencapai 12 ribu orang.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber menyampaikan bahwa ada peningkatan penumpang jika dibandingkan dengan sebelum Ramadan. Kenaikan penumpang ini karena banyak warga yang mudik lebih awal.

Bacaan Lainnya

”Sampai saat ini diperkirakan penumpang yang keluar dari Pangkalan Bun telah mencapai 12.000 orang sejak awal Ramadan hingga H-7 lebaran,” kata Zuber.

Kemudian, jumlah ini diprediksi masih akan bertambah hingga mendekati lebaran, karena aktivitas penerbangan ini terus berlanjut hingga hari H lebaran. Diperkirakan ada 15 ribu orang yang keluar Kobar.

Menurut Zuber, Bandara Iskandar Pangkalan Bun kini hanya didarati tiga maskapai yaitu itu Nam Air, Wings Air, dan Citilink. “Pada bulan Maret sebelum Ramadan pergerakan penumpang itu rata – rata 700 orang per hari, dengan pergerakan pesawat 5 kali,” katanya.

Baca Juga :  Jakarta Lagi Darurat Covid-19 Tak Bikin Takut Sejumlah Warga Kotim

Setelah masuknya Ramadan terjadinya peningkatan signifikan, pergerakan pesawat-pesawat menjadi 7 kali sdalam ehari, dengan pergerakan penumpang mencapai 1.200 per hari sehingga mengalami kenaikan 71 persen. Sedangkan untuk puncak lonjakan diperkirakan di tanggal 29 April 2022.

”Karena itu adalah libur pertama, kemudian juga ada tambahan penerbangan yaitu Nam Air kemudian ada penerbangan carter yaitu pesawat Citillink,” katanya. (rin/sla)

Pos terkait