Pencak Silat Kobar Targetkan Juara Umum Porprov 2023

pencak silat foto
SELEKSI PORPROV: PSHT VS Persinas ASAD saat bertarung dalam penjaringan atlet Porprov 2023 di Sport Center, Ratu Alamsyah, Sabtu (17/12). (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Puluhan atlet pencak silat Kabupaten Kotawaringin Barat lolos seleksi yang diadakan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kotawaringin Barat.

Sebelumnya, selama 3 hari mulai 15 sampai 17 Desember 2022 telah dilaksanakan penjaringan di Gedung Sport Center Ratu Alamsyah, Pangkalan Bun.

Bacaan Lainnya

Ketua IPSI Kobar Rizky Aditya Putra mengatakan hasil seleksi telah meloloskan sebanyak 54 atlet dan dalam waktu dekat akan mengikuti pemusatan latihan untuk 6 bulan ke depan di bawah bimbingan pelatih berpengalaman.

“Target dari pengurus IPSI, atlet pencak silat Kobar mampu menjadi juara umum, sehingga untuk mencapai target itu kita sudah persiapkan sejak jauh-jauh hari,” tegasnya, Minggu (18/12).

Dijelaskannya, atlet yang lolos seleksi ini berasal dari perwakilan IPSI tingkat kecamatan yang telah melakukan pembinaan dari berbagai perguruan silat di desa.

Baca Juga :  Tidak Mudik Lebaran, BOD USTP Hadiahkan 9 Ekor Sapi untuk Karyawan PT GCM

“Tidak sedikit atlet ini berasal dari desa. Ini membuktikan bahwa silat tidak hanya sebagai sarana pelestarian budaya tetapi juga mampu mendulang prestasi,” ucap Rizky.

Untuk itu, dia berharap olahraga silat semakin dicintai dan dikenal oleh masyarakat luas, khususnya kepada generasi muda Kobar saat ini.

“Jadi kalau ada anak yang masuk dalam perguruan silat, orang tua harus mendukung. Di dalam perguruan silat, selain diajarkan seni bela diri juga akhlak,” pungkas dia.

Rencananya, IPSI Kobar juga bakal mengadakan kejuaraan pencak silat untuk anak-anak usia dini.(tyo/sla)

 

Pos terkait