Penumpang Membeludak, Bandara Iskandar Layani Pemudik sampai Malam

bandara iskandar pangkalan bun
MUDIK: Para pemudik saat antre memasuki terminal penumpang Bandara Iskandar Pangkalan Bun. (RINDUWAN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN – Pergerakan pemudik melalui Bandara Iskandar Pangkalan Bun ini terus meningkat mendekati lebaran ini. Diprediksi jumlah pemudik akan mencapai belasan ribu orang.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber mengatakan, jumlah pemudik melalui Bandara Iskandar ini mulai bertambah seiring padatnya jadwal penerbangan.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Kami prediksi pemudik dari H-9 sampai Lebaran ini bisa mencapai belasan ribu,” kata Zuber.

Menurutnya, setiap hari pergerakan pemudik baik pergi maupun datang ini lebih dari seribu orang. Bisa dilihat jumlah pemudik dari enam hari terakhir yang mencapai 8 ribuan orang. Bahkan pernah paling tinggi mencapai 2024 pemudik di tanggal 16 April.

”Memang naik turun jumlah penumpang. Tergantung dari ekstra flightnya. Jika sehari nambah dua hingga empat kali. Sementara untuk regulernya setiap hari ada tujuh kali penerbangan,” jelasnya.

Baca Juga :  Cegah Pecandu Bawa Penumpang, Sopir Bus Tes Urine

Menurutnya, momem seperti ini hanya akan terjadi ketika musim mudik lebaran, karena pada hari biasa penumpangnya jauh berkurang.

”Hanya saja, sejak awal Ramadan ini perlahan naik hingga puncaknya diprediksi pada 20 April atau H-2 lebaran,” katanya.

Disebutkan Zuber, untuk pemudik berangkat ini didominasi oleh pekerja dan perantau yang hendak menikmati leberan di kampung halaman. Sedangkan penumpang datang didominasi anak muda yang berstatus pelajar dam mahasiswa.

”Hanya sangat sedikit yang orang dewasa. Penumpang datang didominasi anak muda yang pulang dekat lebaran menyesuaikan libur sekolah dan kuliah,” jelasnya. (rin/sla)



Pos terkait