Kerahkan Pesawat Militer, TNI AU Bantu Masyarakat Mudik

mudik
MUDIK: Sejumlah pemudik saat menunggu pesawat TNI AU di Baseops Lanud Iskandar Pangkalan Bun. (RINDUWAN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pesawat militer milik TNI Angkatan Udara yang melewati rute Lanud Iskandar Pangkalan Bun dimanfaatkan untuk membantu pemudik untuk pulang ke kampung halamannya.

Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ig Widi Nugroho mengatakan bahwa sebenarnya pesawat militer ini memang selalu ada jadwal singgah ke Lanud setiap bulannya. Selain untuk mengangkut logistik juga mengakomodir para anggota dan keluarganya.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Begitu juga saat momen jelang lebaran ini, pesawat TNI AU jenis CN 295 ini juga dimanfaatkan untuk mengangkut pemudik sesuai dengan rute penerbangannya. “Pesawat TNI AU ini bisa membantu anggota TNI AU beserta keluarga dan juga masyarakat Kobar,” kata Danlanud.

Menurutnya, pengangkutan para pemudik ini merupakan permintaan dari Pemkab Kobar agar para pemudik dapat terangkut semua ke kampung halamannya.

Baca Juga :  Empat Kapal Dinyatakan Laik Angkut Pemudik dari Sampit

Ia juga menyebut bahwa hal ini dilakukan karena masih banyak calon pemudik yang kehabisan tiket baik pesawat maupun kapal laut.

”Pesawat militer ini sifatnya membantu pemudik dari Kobar yang hendak ke Jawa. Kebetulan ada rute yang dilalui pesawat yakni ke Solo maupun ke Jogja,” jelasnya.

Meskipun jadwalnya tidak menentu, setiap kali ada kedatangan pesawat militer ini bisa menampung puluhan pemudik.

”Sedangkan informasi soal pemesanan tiket memang tidak ada sistem booking. Namun saat sehari sebelum keberangkatan, informasi disebarluaskan ke masyarakat,” ujarnya.

Namun peminatnya masih banyak, hanya saja terkadang dibatasi disesuaikan dengan kapasitas pesawat. (rin/sla)



Pos terkait