Perempuan Wajib Tahu! Kenali Jenis Warna Keputihan dan Artinya untuk Kesehatan Reproduksi

ilustrasi keputihan pada wanita. (freepik)
Ilustrasi keputihan pada wanita. (Freepik)

Keputihan merupakan cairan atau lendir yang keluar dari dalam vagina. Kondisi ini normal terjadi pada wanita untuk menghilangkan kotoran serta menjaga saluran reproduksi tetap bersih dan sehat.

Keputihan memiliki jenis atau warna yang bervariasi pada masing-masing individu. Perbedaan ini bisa dilihat dari hari ke hari tergantung siklus menstruasi dengan penjelasan sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Hari 1–5: Pada awal siklus menstruasi, cairan yang keluar biasanya berwarna merah darah. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya peluruhan lapisan dinding rahim.

Hari 6–14: Setelah seminggu, kamu mungkin merasakan keputihan lebih sedikit dari biasanya. Saat sel telur mulai berkembang dan matang, lendir serviks akan menjadi keruh dan berwarna putih atau kuning. Mungkin juga akan terasa lengket.

Hari 14–25: Beberapa hari sebelum ovulasi, lendir akan encer dan licin, mirip seperti tekstur putih telur. Setelah ovulasi, lendir tersebut akan berwarna seperti hari ke 6-14.

Hari ke 25–28: Lendir akan keluar lebih sedikit dan berwarna terang sebelum terjadinya menstruasi kembali.

Baca Juga :  Lima Tanda-tanda Gejala Depresi yang Wajib Diketahui

Adapun setiap warna pada keputihan memiliki arti untuk kesehatan reproduksi kamu. Berikut pembahasannya sebagaimana dilansir dari Medical News Today, Sabtu (15/6).

  1. Merah

Warna merah hingga kecoklatan biasanya muncul saat pendarahan pada siklus awal menstruasi. Jika ini terjadi, maka tidak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi.

Umumnya, pendarahan saat menstruasi rata-rata terjadi setiap 28 sekali, meskipun rentang normalnya 21-35 hari. Sedangkan periode menstruasi biasanya berlangsung selama 3-5 hari.

Namun, apabila terjadi diluar periode atau mengalami menopause dan tidak menstruasi selama setahun maka segeralah konsultasikan ke dokter. Terkadang hal tersebut bisa menjadi tanda kanker endometrium.

  1. Putih

Warna putih pada keputihan bisa mencakup warna lain seperti, krem dan kekuningan. Kondisi ini dianggap normal pada keputihan selama tidak disertai bau atau bertekstur.

Keluarnya cairan berwarna putih, kental, dan berbau menyengat biasanya menandakan infeksi jamur yang dapat menyebabkan iritasi pada vagina. Selain itu, kondisi ini juga bisa menimbulkan kemerahan hingga pembengkakan.

  1. Kuning Kehijauan

Jika keputihan keluar dengan warna kuning kehijauan, mungkin ini masih dianggap normal. Hal ini dapat disimpulkan apabila bersamaan dengan perubahan pola makan atau suplemen yang dikonsumsi.



Pos terkait