Sampit Kembali Digempur Kebakaran Lahan, Diduga Unsur Sengaja

karhutla sampit
PADAM: Petugas pemadam berjibaku mengendalikan api yang membakar lahan di Jalan Pramuka, Sampit, Rabu (4/1). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa hari terakhir ini kembali terjadi di sekitar Kota Sampit. Di antaranya kebakaran lahan di Jalan Bumi Raya, Jalan Jenderal Sudirman kilometer 40, dan pembakaran sampah yang membesar di Jalan Tjilik Riwut.

“Potensi kebakaran masih tetap ada, karena hujan yang tidak merata, dan intensitas hujan tidak terlalu tinggi. Sulit menganalisa pola cuaca yang menjadi faktor pemicu kebakaran lahan. Berdasarkan informasi Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kotim masih musim penghujan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Menurutnya, kebakaran lahan diduga karena adanya unsur kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di saat kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, Rihel mengimbau masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan. Masyarakat juga diminta lebih berhati-hati saat membakar sampah.

Baca Juga :  Sengketa Perkebunan di Kalteng Terancam Bergolak Lagi

“Kami minta masyarakat jangan sembarangan bakar sampah. Kalau memang sampah harus dibakar bisa saja memanggil petugas terkait,  mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran, yang bisa saja meluas ke lahan yang lain,” tuturnya.

Masyarakat juga diminta untuk  segera melapor kepada petugas  jika menemukan adanya kebakaran lahan, agar dapat segera ditangani.  (yn)



Pos terkait