Sapi dan Kerbau di Gumas Dipasangi ESQ

Petugas Dinas Pertanian Gunung Mas(Gumas) saat memasangkan penanda ESQ kepada hewan sapi milik warga
Petugas Dinas Pertanian Gunung Mas(Gumas) saat memasangkan penanda ESQ kepada hewan sapi milik warga, belum lama ini.(istimewa)

KUALA KURUN, RadarSampit.com-Pada tahun 2023, Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menargetkan akan memasang tanda pengenal Eartag Secure QR Code (ESQ) kepada ratusan ternak sapi dan kerbau. Tanda pengenal itu dipasang pada daun telinga hewan tadi.

“Tahun ini, kami targetkan pemasangan penanda ESQ di 750 hewan ternak,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gumas Letus Guntur, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Yuliana Elisabet, Jumat (6/1).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, pemasangan penanda ESQ ini telah dilakukan sejak tahun 2022 lalu. Di tahun itu, ada 401 ternak sapi dipasang penanda, tersebar di Kecamatan Kurun, Tewah, dan Manuhing.Pemasangan penanda ESQ akan terus dipasang hingga target 5.400 hewan ternak dapat tercapai.

Letus menjelaskan, pemasangan ESQ bertujuan mendukung optimalisasi pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak, sehingga diketahui identitas dan jumlah populasi, serta status reproduksi dan distribusi, melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga :  Kaleka Betang Ngabe Hanju Jadi Cagar Budaya

“Pemasangan penanda ESQ dilakukan terhadap ternak, baik itu yang sudah divaksin PMK, belum divaksin, maupun tidak divaksin,” ujarnya.

Dia menambahkan, penanda ESQ memuat berbagai informasi, yakni nama pemilik ternak atau nama unit usaha perternakan. Di samping itu, data ternak seperti jenis, rumpun, jenis kelamin, tanggal lahir, serta status dan tanggal vaksinasi hewan.

“Sebenarnya pemasangan penanda ESQ dilakukan kepada hewan ternak sapi, kerbau, kambing, domba maupun babi. Akan tetapi untuk sekarang ini, kami memprioritaskan terhadap sapi dan kerbau saja,” pungkas Letus. (arm/gus)

Pos terkait