Sekda Kobar Rody Iskandar Ajak Masyarakat Pertahankan Seni Budaya Lokal 

budaya kobar
FESTIVAL BUDAYA : Salah satu peserta lomba Melomang pada acara Festival Budaya Marunting Batu Aji. (SYAMSUDIN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) terus mendukung kemajuan seni budaya dan tradisi lokal di Kabupaten Kotawaringin Barat melalui berbagai upaya. Salah satunya dengan kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji.

Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat (Sekda Kobar), Rody Iskandar mengajak kepada masyarakat agar jangan sampai seni budaya lokal hilang ditelan kemajuan zaman.

Bacaan Lainnya

“Kita sebagai generasi harus mempertahankan seni budaya lokal, melalui Festival Marunting Batu Aji, didalamnya digelar berbagai perlombaan ketangkasan permainan-permainan daerah serta berbagai macam seni dan budaya lokal, seperti tari-tarian

meningkatkan kreasi dan inovasi serta menanamkan apresiasi seni yang berakar pada nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa, terutama budaya dan tradisi lokal yang ada di Kobar,” terang Rody Iskandar saat acara penutupan Festival Budaya Marunting Batu Aji, pekan lalu.

Kata Rody, festival ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan seni dan budaya lokal kepada masyarakat dan juga sebagai upaya untuk menjaga kelestariannya.

Baca Juga :  DLU Buka Rute Surabaya – Lombok

Ia juga berharap pengembangan kebudayaan lokal di sekolah-sekolah yang ada di Pangkalan Bun bisa dilaksanakan. Dia mencontohkan, pada acara perpisahan, pihak sekolah tidak hanya memunculkan penampilan-penampilan modern saja, bahkan harus lebih banyak lagi menampilkan kebudayaan lokal seperti tari-tarian, pantun seloka dan sebagainya.

Sehingga generasi muda jaman sekarang dapat menghargai kebudayaan atau kearifan lokal tersebut dan turut melestarikannya agar tidak tergerus oleh pengaruh kesenian modern.

Lebih lanjut, kata Rody, seni budaya jangan hanya sebagai sarana hiburan semata namun juga dipandang tepat sebagai sarana akhlak, karakter dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Harapan kita mampu melestarikan budaya yang lebih indah dan lebih baik, sehingga semakin menambah semangat masyarakat termasuk kawula muda Kotawaringin Barat untuk melestarikan seni dan budaya lokal bahkan mempromosikan untuk menjadi daya Tarik wisatawan,” harap Sekda Kobar. (sam/fm)



Pos terkait