Evakuasi Ular di Tengah Kepungan Banjir

ular
TAK BERBISA: Personel Animal Rescue Damkar Kobar saat mengevakuasi seekor  ular dari rumah warga di Jalan GM Arsyad, Selasa (30/4) pukul 2.30 WIB.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Tim Animal Rescue (TAR) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kembali mengevakuasi  seekor ular yang masuk ke rumah warga di jalan GM Arsyad, Gang Baung V, RT 09, Kelurahan Baru.

Ular yang masuk ke rumah diduga untuk menghindari banjir yang saat itu mengepung kota Pangkalan Bun. Tim TAR Damkar Kobar di tengah hujan deras yang disertai angin kencang dan petir menuju lokasi yang dilaporkan didatangi ular.

Bacaan Lainnya

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Agus Dwi Suhartono menyampaikan, awalnya pemilik rumah kaget melihat ular merayap di lantai rumahnya.

“Pemilik rumah kaget dan mencoba menjauh dari keberadaan ular, kemudian menghubungi Mako Damkar untuk meminta pertolongan,” ujarnya.

Tidak butuh waktu lama, saat petugas datang ular yang masih berada dalam rumah tersebut  langsung segera ditangkap oleh personel Damkar dan dimasukan dalam karung. Untungnya ular yang berhasil ditangkap jenis ular pelangi yang tidak berbisa dan memang banyak terdapat di sekitar rumah, terutama daerah semak belukar.

Baca Juga :  Setelah Diprotes Warga, Rute Lintasan Lomba Kelotok Hias Diperpanjang

“Demi keamanan personel tetap menggunakan hook, grab stok dan senter saat evakuasi ular,” tukas Agus.

Dirinya pun mengimbau agar masyarakat waspada terhadap ular saat musim banjir seperti saat ini, terutama rumah warga yang banyak terdapat lubang. (tyo/gus)



Pos terkait