Separuh Pemilih Golput saat Pemungutan Suara Ulang di Kelurahan Candi

psu kobar
BANYAK GOLPUT: Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 3 Kelurahan Candi, Kobar, berlangsung aman dan lancar, Selasa (20/2/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Gibran unggul dalam pemungutan suara ulang (PSU) TPS 3, Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (20/2/2024).

Pasangan tersebut total meraih 103 suara, disuse paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 44 suara, dan paslon 03 Ganjar- Mahfud dengan 10 suara. Total suara sah PSU mencapai 157 suara. Jauh lebih kecil dari pencoblosan 14 Februari lalu sebanyak 257 orang yang memilih.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data, jumlah total DPT di TPS 3 tercatat sebanyak 290 orang, sehingga hampir separuh warga golput pada PSU tersebut.

Pantauan di lokasi, PSU dikawal ketat aparat, sekaligus dipantau langsung Pj Bupati Kobar Budi Santosa didampingi Kapolres Kobar. Hadir pula Ketua KPU Kobar dan Bawaslu yang memonitor hingga selesai.

Baca Juga :  Duh, PPKM Gagal Redam Amukan Covid-19

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, pelaksanaan PSU di Kelurahan Candi hanya satu surat suara, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden. Untuk logistik pemilu, KPU menyiapkan sebanyak 296 surat suara.

PSU dilaksanakan karena adanya temuan 13 orang pemilih yang menggunakan KTP dari luar Kobar dan luar Provinsi Kalimantan Tengah. Mereka tidak memiliki surat pindah memilih.

”Atas kelalaian petugas tersebut, Panwascam Kumai memberikan rekomendasi agar dilaksanakan PSU,” ujarnya.

Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman mengatakan, pengamanan yang dilakukan tidak lepas agar kegiatan PSU berjalan lancar dan aman. Setelah selesai segera dikawal agar segera pleno sesuai jadwal.

”Adanya PSU ini tidak berdampak atau mengganggu kamtibmas di Kobar. Semua masih aman dan kondusif,” kata Yusfandi. (sam/ign)



Pos terkait