SMKN 2 Kunjungan Industri ke Radar Sampit

kunjungan radar sampit
KUNJUNGAN: Siswa Kelas X TKJ SMKN 2 Sampit bersama guru pendamping berfoto di halaman Kantor Radar Sampit usai melaksanakan kunjungan industri, Selasa pagi (21/2).

SAMPIT, radarsampit.com – Siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 2 Sampit mengikuti program kunjungan industri ke Surat Kabar Harian (SKH) Radar Sampit, Jalan MT Haryono, Selasa (21/2). Sebanyak 104 siswa dan guru pendamping  tiba di Kantor Radar Sampit pukul 10.00 WIB.

Plt Kepala SMKN 2 Sampit Ahmad Arifin mengatakan, kunjungan industri yang diikuti siswa ini bertujuan untuk memperkenalkan atau memberikan wawasan kepada para siswa SMKN 2 Sampit tentang dunia industri, karena bagaimanapun selepas lulus mereka akan menghadapi dunia industri.

Bacaan Lainnya

“Jadi intinya program ini untuk mempersiapkan dan memberikan wawasan industri kepada mereka,” kata Ahmad Arifin.

Program ini juga sebagai tindak lanjut kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMKN 2 Sampit dengan mengambil tema “kebekerjaan”. Karenanya lewat kegiatan ini diperlukan pemahaman peserta didik tentang budaya kerja dan kompetensi kerja tiap konsentrasi keahlian.

Baca Juga :  Ketapang dan Baamang Terbanyak Penderita ISPA di Kotim

Kunjungan industri ke Radar Sampit diisi dengan  pemutaran video company profile, sambutan, dan sesi tanya jawab. Siswa kemudian diajak ke ruang redaksi dan ruang produksi untuk mengetahui proses kerja keredaksian hingga pembuatan koran.

“Siswa mengetahui secara langsung bagaimana proses pembuatan berita oleh wartawan. Kemudian masuk ke dalam editing dan pembuatan desain koran. Dan terakhir bagaimana proses pencetakan koran itu sendiri,” kata Rano, salah satu guru pendamping.

Manajer Pemasaran Radar Sampit Tono Triyanto mengapresiasi program kunjungan industri yang dilaksanakan SMKN 2 Sampit. Selain untuk menambah wawasan, program ini juga bermanfaat memperkenalkan industri media cetak kepada para siswa.

“Industri media cetak juga berhubungan dengan perangkat komputer dan jaringannya. Nah, ini sangat pas untuk diketahui para siswa yang disiplin ilmunya Teknik Komputer Jaringan (TKJ),” ucap Tono.

Tono juga berharap siswa SMKN 2 Sampit untuk belajar giat dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja sehingga qualified dan bisa berkarir di berbagai industri kerja. (soc/yit)



Pos terkait