Sopir Bus Maut Ditetapkan Tersangka

Sopir Bus Maut Ditetapkan Tersangka
ADA TERSANGKA: Bus Damri yang mengalami kecelakaan di Jalan Mahir Mahar Palangka Raya Rabu (19/5) lalu dinilai sebagai tanggung jawab sopir, Mahmudin Noor.(DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Polresta Palangka Raya akhirnya menetapkan tersangka dalam kasus kecelakaan maut bus Damri yang menewaskan satu penumpang, Rabu (19/5) lalu. Sopir bus tersebut, Mahmudin Noor, dinilai sebagai orang yang paling bertanggung jawab dalam perkara itu.

Penetapan tersangka dilakukan berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), keterangan saksi, dan pemeriksaan intensif berbagai pihak. Mahmudin Noor dijerat Pasal 310 Ayat (4) UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan atau denda 12 juta rupiah.

Bacaan Lainnya

Dia diduga lalai hingga mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Tersangka kini telah ditahan dan mendekam dalam sel tahanan.

”Sudah resmi ditahan dan saat ini pemberkasan terus dilakukan, sembari melakukan tindak lanjut dari insiden kecelakaan lalu lintas tunggal tersebut,” kata Kasat Lantas Polresta Palangka Raya AKP Rikky Operiady, Senin (24/5).

Baca Juga :  Belasan Nyawa Melayang Dalam 12 Hari

Rikky menuturkan, berdasarkan hasil gelar perkara, tersangka lalai hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan urine terhadap Mahmudin dan hasilnya negatif.

Menurutnya, tersangka tidak bisa mengendalikan bus tersebut yang dipacu dalam kecepatan tinggi. ”Logikanya, kalau bus itu pelan, tidak seperti itu hingga akhirnya tidak bisa dikendalikan. Pengakuan sopirnya tidak kencang lajunya, tetapi nanti kita lihat di persidangan,” ujarnya.

Rikky menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, ban bus tersebut masih layak. Untuk kondisi mesin dan lainnya, merupakan kewenangan pihak Damri. ”Untuk proses selanjutnya dilakukan pemberkasan dan pemeriksaan lainnya,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.