Tak Ada Kericuhan, PPK Cempaga Hulu Sebut Hanya Penyampaian Pendapat

PPK cempaga hulu
REKAPITULASI SUARA: Proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang dilaksanakan di Aula Nahan Belawan, Kantor Kecamatan Cempaga Hulu, Selasa (20/2) malam. (istimewa)

Radarsampit.com – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur Trisno mengatakan, rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar. Dia membantah kabar yang menyebutkan sempat terjadi kericuhan saat rekapitulasi.

”Tidak ada kericuhan. Dinamika pleno itu hal yang wajar, ada dua saksi yang menyampaikan pendapatnya terhadap kegiatan rekapitulasi suara dalam c-hasil, selebihnya tidak ada masalah,” kata Trisno, Selasa (20/2/2024).

Bacaan Lainnya

Peristiwa itu terjadi pada pukul 21.40 WIB Senin (19/2/2024) malam.

Rekapitulasi suara di Kecamatan Cempaga Hulu yang sudah digelar sejak Minggu (18/2/2024) pagi hingga Selasa (20/2/2024) malam dibagi menjadi dua panel.

Yakni di Aula Nahan Belawan dan satu panel lainnya di teras Kantor Kecamatan Cempaga Hulu.

”Kegiatan rekapitulasi salah satunya ada dilaksanakan di teras, wajar saja terlihat ramai, karena ada banyak saksi dari berbagai parpol. Informasi yang diterima warga itu tidak sepenuhnya benar, seolah-olah ada keributan padahal itu hanya penyampaian pendapat saja dari saksi kepada anggota PPK,” ujarnya.

Baca Juga :  Serunya Lomba Mancing dalam Rangka HUT Radar Sampit di Lamandau

Saat itu, PPK Cempaga Hulu sedang melakukan rekapitulasi suara di Desa Sungai Ubar Mandiri.

”Rekapitulasi suara untuk Sungai Ubar Mandiri itu sampai jam 1 malam lewat, konsentrasi sudah menurun, khawatir mengganggu kesehatan, maka disepakati rapat plenonya dilanjutkan pagi ini dan semua berjalan aman dan lancar,” jelasnya.

Selama tiga hari rekapitulasi penghitungan suara  berlangsung sudah ada sembilan desa yang selesai melaksanakan rapat pleno diantaranya Desa Selucing 1 TPS,Tumbang Koling 3 TPS dan Keruing 2 TPS pada Minggu (18/2/2024).

Kemudian, Senin (19/2/2024) dilanjutkan rapat pleno di Desa Bukit Raya 5 TPS, Parit 3 TPS dan Bukit Batu 3 TPS.

”Total di Kecamatan Cempaga Hulu ada 53 TPS yang tersebar di 11 desa dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 14.131. Untuk hari ini yang sudah selesai rapat pleno di Sungai Ubar Mandiri 3 TPS dan yang masih sedang berlangsung malam ini di Desa Pantai Harapan 4 TPS dan Pundu 16 TPS yang kami perkirakan selesai malam ini juga. Besok tinggal melanjutkan di Desa Sudan dan Pelantaran,” katanya. (hgn/ign)



Pos terkait