Teluk Pulai, Desa Terisolir Tanpa Akses Darat

Desa Terisolir
TERISOLIR: Suasana Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, belum lama ini.(ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan salah satu desa terisolir yang berada di pesisir pantai Laut Kumai. Desa tersebut diketahui tidak mempunyai akses transportasi darat menuju ibukota kecamatan, maupun menuju desa tetangga seperti Desa Sekonyer dan Sungai Bedaun.

Desa berpenduduk 125 Kepala Keluarga dengan 425 jiwa ini berada di sekitar kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), rata-rata masyarakat setempat menggantungkan hidupnya dari mata pencaharian sebagai nelayan dan pekebun.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Meskipun terdapat pusat pelayanan kesehatan setingkat Puskesmas Pembantu (Pustu) dan sarana pendidikan, tetapi desa ini menyimpan seribu cerita memilukan, terutama ketika ada salah satu warga yang membutuhkan pelayanan medis lanjutan atau perlu rujukan cepat ke rumah sakit di Kota Pangkalan Bun.

Dengan mengandalkan transportasi kelotok dan speed boat mereka membelah gelombang tinggi untuk mencapai ibukota kecamatan, dengan waktu tempuh menggunakan kelotok mencapai 2,5 jam dan speed boat 1 jam perjalanan laut.

Baca Juga :  Empat Predator Anak Diringkus Polres Kobar, Ada Kakek Bejat Nodai Cucu Tirinya

Bila masih kuat bertahan warga yang dalam kondisi sakit bisa selamat hingga mendapat perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, tetapi bila tidak, si sakit bisa saja menghembuskan nafas terakhir ketika masih di tengah laut.

“Ini terjadi pada keluarga saya sendiri, mengingat di tengah cuaca buruk harus dirujuk ke rumah sakit, tetapi Allah SWT berkendak lain, beliau meninggal dalam perjalanan,” kata Kepala Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kumai, Kabupatsn Kotawaringin Barat, Herliyus Cristian, Senin (19/4).

Ia mengakui bahwa desanya terdapat pusat kesehatan masyarakat dan pusat pendidikan seperti sekolah dasar, tetapi keterbatasan akses berimbas pada kedua fasilitas tersebut terutama ketersediaan dan kelengkapan alat kesehatan.

Disebutkan bahwa ia merupakan kepala desa kelima yang memperjuangkan akses darat (jalan tembus) menuju Desa Sekonyer dan Desa Bedaun, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil karena masuk dalam kawasan TNTP.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *