Tiba di Banjarmasin, 91 Jemaah Negatif Covid-19

Dijadwalkan Tiba di Sampit Minggu Siang

jemaah haji tiba di banjarmasin
KEMBALI Jemaah haji tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu sore. Mereka dijadwalkan tiba di Sampit Minggu siang.

SAMPIT, RadarSampit.com – Sebanyak 91 jemaah haji dan satu Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendarat dengan selamat di Bandara Internasionl Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (30/7) pukul 16.38 WITA.

Jemaah haji Kotim tergabung di kelompok terbang (kloter) lima terahir yang diberangkatkan pada gelombang keberangkatan pertama dengan total sebanyak 350 jemaah. Selain Kotim, ada Kabupaten Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, Barito Selatan, Lamandau dan Pulang Pisau yang termasuk dalam keberangkatan kloter kelima terakhir.

Bacaan Lainnya
Gowes

”Seluruh jemaah dalam kondisi sehat dan selamat. Walaupun kedatangan jemaah ada sedikit keterlambatan, semula dijadwalkan 15.20 WITA, baru tiba 16.38 WITA,” kata Kepala Kemenag Kotim Elly Saputra melalui Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Kotim Sublianur, Sabtu (30/7).

Tim Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kotim melibatkan perwakilan Dinas Kesehatan Kotim, Dinas Perhubungan Kotim, Kemenag Kotim, Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kotim sudah lebih dulu berangkat Jumat (29/7) menuju embarkasi Banjarmasin menggunakan jalur transportasi darat. Tim tiba Sabtu (30/7), pukul 04.00 WITA.

Baca Juga :  Begini Tanggapan Kejati Kalteng soal Tudingan Kriminalisasi Dugaan Korupsi Proyek Jalan di Katingan Hulu

“Ada 30 orang yang termasuk dalam Tim PPIH Kotim, tetapi yang melakukan penjemputan dan mendampingi hanya perwakilan saja, karena sebagian juga mempersiapkan acara penyambutan jemaah di Bandara Haji Asan Sampit besok (Minggu),” katanya.

Setiba kedatangan jemaah, Tim PPIH Kotim membantu mengamankan air zam-zam milik jemaah dan memilah koper jemaah.

“Setiap jemaah mendapat jatah air zam-zam 5 liter dan maksimal membawa koper seberat 32 kg. Pengambilan zamzam dan koper kami yang membantu mengurusnya,” katanya.

Jemaah haji kemudian diarahkan untuk melakukan rapid tes antigen untuk memastikan jemaah tidak dalam kondisi terpapar Covid-19.

“Semua jemaah sudah melaksanakan tes antigen dan hasilnya semua negatif Covid-19,” katanya. Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, jemaah menuju Asrama Haji Banjarbaru menggunakan bus untuk menginap selama satu malam.



Pos terkait