Vaksinasi Tak Kenal Libur, Gencarkan Layanan Mobile

Program layanan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan
VAKSIN: Tenaga kesehatan Puskesmas Baamang II saat memberikan layanan vaksinasi mobile selama tiga hari di Pasar Al Kamal Sampit, Sabtu (26/2).

SAMPIT – Program layanan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan. Tenaga kesehatan yang bertugas di setiap puskesmas tetap memberikan layanan vaksinasi mobile meskipun Senin (28/2) kemarin merupakan hari libur peringatan Isra Miraj 1443 Hijriyah.

”Tidak ada hari libur. Layanan vaksinasi terus digencarkan. Pelayanan tetap berjalan. Masyarakat yang belum vaksin silakan datang ke puskesmas terdekat atau ke layanan vaksin mobile. Vaksin booster untuk masyarakat umum juga sudah berjalan selama sebulan terakhir,” kata Desliana Eka Maulitita, Kepala Puskesmas Baamang II Sampit, Senin (28/2).

Bacaan Lainnya

Desliana mengatakan, pelayanan vaksinasi Covid-19 di Aula Kecamatan Baamang melayani vaksin dosis 1, 2, dan 3 (booster). Vaksin yang digunakan merek Astrazeneca.

”Layanan vaksinasi tidak hanya dibuka di Puskesmas. Kami juga memberikan layanan vaksinasi mobile di Aula Kantor Kecamatan Baamang,” katanya.

Bahkan, pemberian vaksin booster sudah dapat diberikan mulai dari kalangan usia 18 – 60 tahun. Hal itu sesuai Surat Edaran Kemenkes RI yang ditandatangani Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein 25 Februari 2022 lalu.

Baca Juga :  NGERI!!! Vaksinasi Massal Berpotensi Jadi Bencana

”Sejak dikeluarkan surat edaran terbaru, mulai usia 18 – 60 tahun ke atas sudah dapat menerima vaksin booster apabila sudah vaksin dosis dua dengan minimal interval tiga bulan,” katanya.

Merek vaksin booster yang digunakan disarankan selain Sinovac. Pasalnya, Sinovac diarahkan untuk anak-anak dan pelajar.

Sebelumnya, Puskesmas Baamang II juga telah memberikan layanan vaksinasi mobile selama tiga hari pada 24-26 Februari 2022 mulai pukul 14.00 -17.00 WIB.

”Selama tiga hari layanan vaksinasi mobile di Pasar Alkamal, ada 198 orang yang divaksin. Rinciannya, dosis 1 sebanyak k39 orang, dosis 2 sebanyak 121 orang, dan dosis 3 sebanyak 38 orang,” katanya.

Pos terkait