Wartawan Ikuti Pelatihan, BPBD Tegaskan Pentingnya Mitigasi dan Antisipasi Bencana

pelatihan mitigasi bencana wartawan
PAPARAN: Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani bersama narasumber saat menghadiri pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kepada awak media. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana terhadap sejumlah wartawan, Rabu (26/10). Kegiatan itu dinilai penting sebagai edukasi terkait mitigasi bencana. Pasalnya, bencana tidak dapat diprediksi, sehingga perlu pengetahuan guna mencegah terjadinya bencana.

”Perlu diketahui, mitigasi bencana bukan hanya bagaimana mencegah bencana dapat terjadi. Namun, juga mencegah serta meminimalisir adanya korban jiwa jika terjadi bencana. Contohnya tidak cukup kalau hanya sebatas melarang masyarakat membuang sampah di drainase agar tidak terjadi banjir, tapi juga bagaimana masyarakat bisa selamat ketika terjadi bencana,” kata Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani.

Bacaan Lainnya

Emi menambahkan, peran jurnalis dalam pengetahuan pencegahan dan mitigasi bencana sangat penting. Terutama dalam memberikan opini dan informasi kepada masyarakat agar selalu waspada dan terhindar dari bencana. Dia berharap pelatihan itu dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya upaya tersebut.

Baca Juga :  Ngobrol Santai dengan Wartawan, Ini yang Disampaikan Kapolda Kalteng

”Pengetahuan tentang mitigasi bencana ini penting, guna mencegah terjadinya korban atau risiko ketika terjadi bencana,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng M haris Sadikin mengatakan, wartawan berkomitmen memberikan informasi penting bagi masyarakat. Terutama dalam hal antisipasi dan penanganan bencana, baik oleh pemerintah maupun pihak lainnya.

”Kami mendukung berbagai langkah pemerintah dalam hal mitigasi dan penanganan bencana,” ujarnya. (daq/ign)

Pos terkait