Waspada! Ratusan Warga Kobar Terserang DBD hingga Akhir November Ini

demam berdarah
ilustrasi

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Sepanjang Januari hingga akhir November 2023, sebanyak 308 warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)  terserang demam berdarah dengue (DBD). Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan menjadi penyumbang terbanyak kasus DBD, disusul Kelurahan Sidorejo dan Desa Pasir Panjang di kecamatan yang sama.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat, Jhonferi Sidabalok mengatakan bahwa dari total 308 kasus di Kobar, enam kasus diantaranya terjadi di Minggu ke-47. “Untuk minggu 47 jumlah penderita ada enam orang, kemudian jumlah total akumulasi dari bulan Januari sampai dengan November sebanyak 308 kasus, dengan wilayah paling banyak di Madurejo dengan 122 kasus,” terangnya, Rabu (29/11).

Bacaan Lainnya

Ia mengakui bahwa ada peningkatan jumlah kasus DBD di Kobar pada tahun 2023. Berdasarkan data peringatan dini DBD pada tahun 2022 silam ada sebanyak 254 kasus DBD yang terjadi. Warga yang terserang DBD pada tahun 2023 ini bukan merupakan warga yang terserang pada tahun 2022 silam.

Baca Juga :  197 Orang Terinfeksi HIV/AIDS, Ada Balita dan Didominasi Usia Produktif

Data jumlah kasus DBD sepanjang 2023 merupakan data dari masih-masing Puskesmas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sementara itu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, ada sebanyak tiga orang yang sedang dirawat karena menderita demam berdarah. “Hari ini ada tiga yang masih menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,” imbuh Kepala Seksi Perawatan Rawat Inap RSSI Pangkalan Bun Aiman Dinata. (tyo/yit)

 



Pos terkait