Waspada!!! Modus Penipuan Bantuan Alsintan Mulai Marak di Kapuas

tipu
ALSINTAN: Puluhan alsintan yang sedang parkir. Alat tersebut bisa jadi modus penipuan terhadap petani dengan pura-pura akan memberikan bantuan.

KUALA KAPUAS radarsampit.com – Kelompok tani di Kabupaten Kapuas diminta agar waspada terhadap penipuan dengan modus bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Seorang kepala desa di wilayah itu sudah menjadi korban.

”Kami sudah mendapatkan kabar adanya salah satu kades yang menjadi korban penipuan dengan ditawarkan bantuan alsintan dari provinsi. Korban diminta mentransfer uang sebesar Rp2,5 juta,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Yaya, Senin (17/7).

Bacaan Lainnya

Pihaknya telah memberikan imbauan melalui Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) agar menyampaikan ke petani supaya waspada terhadap modus penipuan tersebut. Informasinya, banyak petani yang melapor ke Dinas Pertanian Kapuas bahwa mereka mendapatkan telepon dengan modus menawarkan bantuan alsintan.

”Kami bersyukur karena banyak petani yang sudah mengetahui imbauan dari dinas, sehingga terhindar dari penipuan. Tetapi, ternyata malah salah satu kades yang sempat tertipu,” ujarnya.

Baca Juga :  Dua Budak Sabu Kapuas Masuk Bui

Dia menegaskan, bantuan Alsintan hanya bisa diperoleh melalui prosedur, yaitu berawal dari pengajuan proposal, kemudian dilakukan verifikasi, dan yang memenuhi syarat akan diusulkan melalui Distan Kapuas. (der/ign)

 



Pos terkait