80 Pelajar Kotim Bersaing Rebut Piala Lomba Renang Bupati Cup I

Para perenang yang tergabung dalam Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)
ANTARPELAJAR: Puluhan perenang mengikuti lomba renang Bupati Cup I, Sabtu (29/1) lalu. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Para perenang yang tergabung dalam Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar lomba renang Bupati Cup I, Sabtu (29/1).

Sekretaris Daerah (Sekda) Fajrurrahman mengatakan, lomba renang ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah khususnya KONI dalam melakukan pembinaan prestasi para perenang.

Bacaan Lainnya

”Kita tahu, umumnya masyarakat kita pandai berenang, namun hanya sebatas untuk diri sendiri, bukan untuk prestasi,” kata Fajrurrahman saat membuka kegiatan tersebut.

Dengan adanya perlombaan ini, pemkab dapat menggali bakat para putra daerah untuk dijadikan perenang untuk mengikuti kejuaraan tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Ketua Umum Pengurus Cabang PRSI Kotim Rudi Setiawan menambahkan, lomba renang untuk tingkat pelajar se-Kotim ini untuk menggali bakat terpendam yang dimiliki di Kotim.

”Ini sebagai persiapan kami untuk pekan olahraga kabupaten (Porkab) dan harapan kami nantinya juga dapat berpartisipasi dalam Porprov 2023 mendatang,” tambah Rudi.

Baca Juga :  Desy Herlina Sari, Co-Founder sekaligus Owner Serba Harga Murah Girls Sampit

Diakuinya masyarakat terutama pelajar di Kotim banyak yang bisa berenang, karena didukung oleh wilayah geografis. Namun, kebanyakan mereka belum memiliki teknik renang yang benar. Perlu adanya pembinaan untuk memoles bakat yang dimiliki oleh perenang demi mengukir prestasi di bidang olahraga.

”Jadi, nanti atlet yang terpilih akan kami bimbing. Kami telah memiliki pelatih yang berlisensi yang dapat melatih terkait teknik renang,” jelasnya.

Jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut berjumlah 80 orang, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) yang ada di 17 kecamatan di Kabupaten Kotim.

”Ada dua katagori serta dua gaya yaitu gaya bebas dan gaya dada yang dilombakan. Kami berharap ini dapat menggali bakat para atlet di Kotim,” ujarnya. (sir/yit)



Pos terkait