Agustiar Ingatkan Pemuda Kalteng Jaga Adat Istiadat

agustiar sabran
Agustiar Sabran

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran mengingatkan para pemuda mendukung pembangunan di Kalimantan Tengah agar menjadi lebih sejahtera. Dukungan tersebut dinilai penting lantaran salah satu aspek penting pembangunan adalah peran aktif pemuda.

Menurutnya, generasi muda berperan penting mengawal dan ikut serta dalam proses pembangunan daerah. Dukungan dan partisipasi aktif pemuda sangat diperlukan untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bacaan Lainnya

”Saat ini pembangunan Kalteng sangat luar biasa. Bukan hanya pada instruktur jalan, tetapi juga gedung, rumah sakit, dan lainnya,” kata Agustiar yang juga anggota DPR RI dapil Kalteng ini, Kamis (17/6/2024).

Agustiar juga menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya serta adat istiadat Dayak sebagai bagian integral dari identitas dan kekayaan daerah.

”Dalam konteks pembangunan, nilai-nilai budaya lokal dapat memberikan kontribusi positif dan menjadi landasan moral bagi pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan,” katanya.

Baca Juga :  Ini Penyebab Maraknya Aksi Penjarahan Kelapa Sawit di Perusahaan

Selain itu, pemuda diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan pendidikan yang relevan agar dapat berkontribusi secara maksimal dalam berbagai sektor pembangunan, seperti ekonomi, pendidikan, dan sosial.

”Upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat adat, dan pemuda akan menjadi kunci untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik dan sejahtera bagi seluruh masyarakat Kalteng,” katanya.

Agustiar  juga menekankan pentingnya pemuda Kalteng menjaga adat istiadat dan budaya Dayak. Adat istiadat dan budaya lokal merupakan warisan yang sangat berharga dan menjadi identitas dari masyarakat Dayak yang harus dijaga dan dilestarikan.

Dia melanjutkan, menjaga adat istiadat bukan hanya berarti mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga memahami dan menghargai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hal ini termasuk dalam cara berperilaku, berinteraksi, dan menghormati alam serta sesama manusia.



Pos terkait