Ajak Warga Suka Menabung di Bank Sampah

Pemerintah Kabupaten Lamandau,Bupati Lamandau Hendra Lesmana
Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat meninjau aktivitas di Bank Sampah Induk Bukit Hibul, kemarin.(ria/radarsampit)

NANGA BULIK, RadarSampit.com-Pemerintah Kabupaten Lamandau terus berupaya membangun kepedulian masyarakatnya dalam pengelolaan sampah. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat meresmikan Bank Sampah Induk Bukit Hibul, , di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, Jumat (14/4).

“Karena masalah sampah tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi setiap orang. Dan yang paling sulit adalah merubah kebiasaan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Hendra memaparkan, seiring dengan pertumbuhan penduduk maka akan berdampak pula pada peningkatan volume sampah . Untuk itu, keberadaan bank sampah menjadi sangat penting. Kerena selain dapat membantu mengurangi volume sampah yang dihasilkan, dengan memilah sampah yang dapat didaur ulang, sekaligus juga dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat, melalui penjualan sampah yang dapat didaur ulang.

“Kita harapkan dengan dengan adanya bank sampah induk, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara yang benar untuk memisahkan sampah dan juga mengajak masyarakat, untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah rumah tangga,” ujarnya.

Baca Juga :  Bank Kalteng Sponsori Turnamen Tenis Bupati Cup

Selain itu, sekaligus juga dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

“Dengan adanya bank sampah ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu Pemkab Lamandau menyambut baik dan mendukung keberadaan bank sampah ini,” tegas Hendra Lesmana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamandau Sunarto menjelaskan,konsep bank sampah adalah mengajak masyarakat untuk memilah sampah di rumah,  kemudian sampah yang sudah terpilah ditabung di bank sampah. Kemudian sampah yang ditabung akan dikonversi menjadi “Rupiah”.

Ia menambahkan, sampai saat ini kegiatan di Bank Sampah Induk Bukit Hibul telah berjalan, dengan pengurus sebanyak 10 orang, dan jumlah nasabah aktif sampai saat ini sebanyak 85 orang, dengan nilai deposit adalah sebesar Rp2,7 Juta, serta cadangan kas sebayak Rp2 juta. (mex/gus)



Pos terkait