Ajang Tingkatkan Kompetensi Petani dan Nelayan

Bupati Kotim Lepas 70 Peserta Kontingen Kotim Peda KTNA XIII Kalteng

ktna
PELEPASAN:  Bupati Kotim Halikinnor melepas kontingen Kotim yang akan mengikuti Peda KTNA ke-13 di Sukamara, di aula Rujab Bupati Kotim, Jumat (17/11/2023). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor melepas puluhan peserta kontingen Kotim yang akan mengikuti Pekan Daerah Kelompok Petani Nelayan Andalan (Peda KTNA) ke-XIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan itu diselenggarakan pada 19-24 November 2023.

Kabupaten Sukamara sebagai tuan rumah telah menentukan lokasi tempat pembukaan yang akan digelar di Taman Permata Sukma Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, pada Senin (20/11).

Bacaan Lainnya

”Mengingat pentingnya Peda KTNA ini, saya berpesan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan agar bersungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan itu, baik pengetahuan maupun keterampilan termasuk akses kerjasama bisnis dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian di Kotim yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan,” kata Halikinnor saat melepas peserta kontingen Kotim di aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, Jumat (17/11).

Baca Juga :  Pembentukan BNNK Kotim Jadi Prioritas Kemenpan

Pekan daerah KTNA menjadi ajang pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi petani dan nelayan di Kotim dengan berbagai informasi dan pengalaman yang diperoleh. Kegiatan ini merupakan pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi konttak tani dan pelaku utama pemerintah dan pelaku usaha.

Melalui kegiatan Peda KTNA diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sarana transfer informasi, teknologi di bidang pertanian, fasilitasi kemitraan, dan jejaring agribisnis para kontak tani.

Selain itu, manfaat lain dari kegiatan Peda KTNA juga sebagai media fasilitasi kegiatan ekonomi dan kemitraan usaha, seta sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama antara kontak tani, pemerintah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dibidang pertanian.

Halikinnor bangga, pada pekan nasional (penas) KTNA XVI yang digelar di Kota Padang 10-15 Juni 2023 lalu yang diikuti 48.785 peserta di seluruh Indonesia dimana Kontingen Kalteng meraih juara umum dalam kegiatan tersebut.



Pos terkait