Banjir Katingan Meluas, Lima Desa di Kecamatan Kamipang Terdampak

banjir katingan
ANTISIPASI: Camat Kamipang bersama anggota polsek setempat memantau dan memonitoring banjir, Kamis (6/6/2024).

KASONGAN, radarsampit.com –  Banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Diantaranya Desa Baun Bango, Jahanjang, Karuing, Parupuk, dan Desa Telaga. Air telah mengenangi halaman pemukiman warga.

Kapolsek Tasik Payawan dan Kamipang Ipda Divani Mareta Astutik menyebutkan, masyarakat yang tinggal di hilir Sungai Katingan mulai khawatir ancaman banjir.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah kecamatan juga mulai mengantisipasi banjir,” kata Divani, Kamis (6/6/2024).

Dari hasil monitoring di beberapa desa yang ada di Kecamatan Kamipang, warga sudah mulai terdampak. Meskipun kenaikannya belum signifikan, terlihat di Desa Baun Bango, Jahanjang, Karuing, Parupuk dan Telaga, air telah mengenangi halaman pemukiman warga.

Banjir belum masuk ke rumah, namun jika hujan terus mengguyur setiap hari, tidak menutup kemungkinan air semakin bertambah.

Sementara itu, Camat Kamipang Ade Irawan melihat langsung kondisi warga terdampak banjir saat ini. Pihaknya bisa memberikan  arahan kepada kepala desa atau perangkat desa jika keadaan semakin mamburuk.

Baca Juga :  Pemkab Bartim Tanggung Biaya Pengobatan Pasien DBD

“Secepatnya segera  membuat posko banjir di masing masing desa, dan melaporkan kondisi banjir setiap hari ke Kecamatan Kamipang  melalui grup yang telah ada,” pintanya.

Dalam monitoring itu, pihaknya sempat menemui warga yang terdampak banjir. Dirinya berharap banjir tidak terjadi sampai seperti di tahun 2021. (sos/yit)



Pos terkait