Belasan Ribu Warga Kapuas Terdampak Banjir

Banjir,Kapuas Ngaju
Bantuan bahan makanan yang dikirim ke lokasi banjir untuk warga di 22 Desa di Kapuas Ngaju. (alexander/radarsampit)

KUALA KAPUAS – Bencana banjir kembali terjadi, dan kali ini merendam sebanyak puluhan desa di Kecamatan Kapuas Ngaju Kabupaten Kapuas.

Data disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sianaga, pihaknya pun menyalurkan bantuan untuk 3.636 kepala keluarga atau 11.513 jiwa di enam kecamatan untuk 22 desa yang ada di wilayah Kapuas Ngaju.

“Dari data yang ada di lapangan,  sebanyak 3.636 KK, dan Pemerintah Kabupaten Kapuas,langsung menyalurkan bantuan untuk membantu warga yang terkena bencana banjir,  di wilayah kapuas Ngaju ini,”ujarnya, Jumat (3/12) kemarin.

Diharapkannya, distribusikan barang bantuan tersebut dapat diterima oleh warga yang terdampak banjir dalam dua hari ke depan. Pihaknya pun telah  berkoordinasi lintas sektor, koordinasi dengan camat dan kepala desa, untuk melakukan pendataan jumlah warga terdampak banjir.

“Dengan data dari para kades, camat tentu bantuan ini bisa langsung nantinya diterima oleh korban yang mengalami kebanjiran, sehingga dapat membantu meringankan beban mereka yang ada di sana,”sebut Panahatan.

Baca Juga :  Jembatan di Desa Lemo segera Dibangun

Sementara itu Kepala dinas (Kadis) Sosial kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mengungkapkan, dengan adanya 22 desa di enam Kecamatan yang mengalami ke kebanjiran, pihaknya langsung menurunkan tim dari relawan tim Tagana untuk membantu para korban banjir di wilayah tersebut.

“Bersama dengan diberangkatkannya bantuan logistik seperti bahan makanan, kami dari dinsos juga menerjunkan tim tagana yang nantinya akan melakukan evakuasi warga dan membuat dapur umum untuk bisa membantu warga di lokasi banjir,”pungkasnya, kemarin.(der/gus)

Pos terkait