Cara Sederhana tapi Ampuh untuk Mencegah Diabetes

sarapan
Sarapan Pagi (Pixabay/Pexels)

Radarsampit.com – Jangan Lewatkan sarapan Pagi Jika Anda ingin Terhindar dari Diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Komplikasi akibat diabetes meliputi penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, dan luka yang sulit sembuh. Oleh karena itu, mencegah diabetes adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Very Well Health, salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah dengan sarapan pagi tepat waktu sebelum jam sembilan pagi.

Menurut penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care, orang yang sarapan sebelum pukul 8:30 pagi mungkin memiliki risiko lebih rendah sebagai penderita diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang sarapan setelah pukul 8:30 pagi.

Penelitian ini menganalisis data dari lebih dari 10.000 orang dewasa yang berpartisipasi dalam National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES).

Subjek dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan berapa jam sehari mereka mengkonsumsi makanan: kurang dari 10 jam, 10-13 jam, dan lebih dari 13 jam per hari.

Baca Juga :  Dianggap Berbahaya, Ternyata Ini Manfaat Mandi Malam Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sub kelompok berdasarkan waktu mulai durasi makan juga dibuat, sesuai dengan apakah orang makan sebelum atau sesudah pukul 8:30 pagi.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan sebelum pukul 8:30 pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan setelah pukul 8:30 pagi.

Selain itu, orang yang makan lebih dari 13 jam sehari memiliki resistensi insulin yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang makan kurang dari 10 jam sehari.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel-sel tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Insulin adalah hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah.

Jika resistensi insulin terjadi, gula darah akan meningkat dan dapat menyebabkan diabetes.

Oleh karena itu, menurunkan resistensi insulin adalah salah satu cara untuk mencegah diabetes.

Peneliti mengatakan bahwa hasil ini konsisten dengan penelitian lain yang menunjukkan bahwa makan sesuai dengan ritme sirkadian kita dapat meningkatkan kadar gula darah dan sensitivitas insulin.



Pos terkait