Wajib Baca! Inilah Mitos dan Fakta Kepribadian Introvert 

introvert
ILUSTRASI: Mitos dan fakta kepribadian introvert yang sering dianggap kelainan oleh sebagian orang. (Pixabay)

Radarsampit.com – Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang sering disalahartikan oleh banyak orang. Banyak yang menganggap introvert sebagai orang yang pemalu, antisosial, dan bermasalah.

Bahkan banyak yang masih memercayai mitos bahwa introvert adalah suatu kelainan yang harus disembuhkan. Lantas, apakah benar introvert dapat dianggap sebagai kelainan?

Berikut penjelasan tentang penyebab sifat, mitos, dan fakta kepribadian introvert serta ekstrovert.

Apa itu Introvert?

Introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung menyukai kesendirian, ketenangan, dan kedalaman.

Menurut situs introvertdear.com, introvert tidak berarti pemalu, antisosial, atau tidak peduli dengan orang lain. Mereka hanya memiliki cara berbeda dalam mengisi energi, berkomunikasi, dan bersosialisasi.

Mengutip dari 16personalities.com, introvert adalah salah satu dari empat tipe kepribadian yang ada dalam teori MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Teori itu dibuat oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Cook Briggs berdasarkan pemikiran seorang psikolog terkenal Carl Jung.

MBTI mengelompokkan orang menjadi 16 tipe kepribadian berdasarkan empat dimensi, yaitu:

Introvert (I) atau Ekstrovert (E): menunjukkan sumber energi seseorang, apakah dari dalam diri sendiri atau dari lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Keluarga Ikut Diteror, Seperti ini Pengalaman Buruk Terjerat Pinjaman Online Ilegal  

Sensing (S) atau Intuition (N): menunjukkan cara seseorang memproses informasi, apakah berdasarkan fakta dan detail atau berdasarkan pola dan makna.

Thinking (T) atau Feeling (F): menunjukkan cara seseorang mengambil keputusan, apakah berdasarkan logika dan analisis atau berdasarkan emosi dan nilai.

Judging (J) atau Perceiving (P): menunjukkan cara seseorang mengatur hidupnya, apakah berdasarkan rencana dan struktur atau berdasarkan fleksibilitas dan spontanitas.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa introvert adalah orang yang mendapatkan energi dari dalam diri sendiri, bukan dari lingkungan sekitar.

Introvert lebih suka beraktivitas sendiri atau dengan orang-orang terdekat, daripada dengan banyak orang. Mereka juga lebih suka berpikir sebelum berbicara, mendengarkan daripada berbicara, dan mengamati daripada berpartisipasi.



Pos terkait