Inilah 5 Manfaat Kopi bagi Kehidupan Manusia

Beberapa Manfaat Medis Masih Jarang Diketahui Publik

kopi
Ilustrasi: kopi di Javaroma Cafe. (Jawapos)

Radarsampit.com – Tidak hanya bagus untuk mencegah rasa kantuk, kopi masih banyak menyimpan segudang manfaat bagi peminumnya. Beberapa penelitian dilakukan dalam menemukan manfaat kopi bagi kehidupan manusia.

Dari hasil yang didapatkan kopi terbukti berpengaruh bagi perkembangan medis di kehidupan manusia.
Dilansir dari laman healthline.com, terdapat beberapa manfaat kopi yang bisa dirasakan manusia. Beberapa manfaat itu diantaranya:

Bacaan Lainnya

1. Meningkatkan Energi

Kopi dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein di dalamnya. Kandungan ini dipercaya dapat menjadi stimulan bagi sistem saraf pusat sehingga bisa membantu melawan rasa lelah serta meningkat energi.

Sebuah penelitian terkait kafein dilakukan pada pemain golf yang mengkonsumsi kafein sebelum dan selama permainan dilakukan.
Hasil dari penelitian ini membuktikan, pemain golf yang mengkonsumsi kafein cenderung memiliki performa yang baik bahkan rasa lelah terasa lebih berkurang.

2. Dianggap mampu mengurangi resiko diabetes

Beberapa riset membuktikan, meminum kopi secara reguler dipercaya mampu mengurangi risiko perkembangan diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Legislator Ungkap Buruknya Pelayanan Kesehatan, Bayi Patah Tangan Diduga Ditelantarkan

Fakta lainya, 30 studi tentang kopi yang telah menyimpulkan bahwa dalam setiap gelas kopi yang diminum per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 6%

3. Menyehatkan Otak

Dari sebuah review yang dilakukan pada 13 penelitian, kopi juga dipercaya dalam membantu otak manusia agar tetap sehat.
Dari studi-studi yang dilakukan tersebut ditemukan bahwa, orang yang secara reguler mengkonsumsi kafein tiap harinya mampu terhindar dari risiko penyakit parkinson dan juga mampu memperlambat proses perkembangannya dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya parkinson, kopi juga dipercaya mampu melemahkan risiko dari alzheimer. Pada studi yang terhadap kopi, disimpulkan bahwa meminum kopi secara cukup dapat membantu melemah risiko dari alzheimer.

4. Bagus untuk menjaga bobot tubuh

Bagi pejuang berat badan ideal, kopi juga mampu menjadi suatu pilihan sempurna untuk membantu menjaga bobot tubuh.
Pada sebuah studi yang dilakukan, meminum kopi secara masif dipercaya mampu mengurangi lemak yang ada pada tubuh khususnya pada pria.



Pos terkait