Diikuti Ratusan Peserta, Festival Budaya Habaring Hurung Dibuka Hari Ini

festival habaring hurung
PERSIAPAN: Persiapan tata panggung untuk menyambut acara pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung di Taman Kota Sampit, Jumat (19/4).

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali melaksanakan Festival Budaya Habaring Hurung. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan itu akan dibuka pada Sabtu (30/4) malam.

”Kami sudah membuka pendaftaran sejak awal April pendataran masih dibuka sampai hari H sesuai masing-masing kategori cabang lomba,” kata Bima Ekhawardana, Kadisbudpar Kotim, Jumat (19/4/2024).

Bacaan Lainnya

Festival Budaya Habaring Hurung akan diramaikan dengan 15 kategori cabang lomba diantaranya lomba sepak sawut, lomba tari daerah, mangenta, manetek kayu, manyipet, dayung tradisional, besei kambe, mangaruhi, melamang, lawang sekepeng, balogo, karungut, habayang, masakan tradisional dan pemilihan putra putri pariwisata.

”Diperkirakan jumlah peserta yang akan mengikuti semua cabang lomba ini sekitar 500an peserta. Nantinya lokasi lomba akan diadakan di Taman Kota, Museum Kayu, Citimal, dan Pelabuhan Mentaya Seberang,” katanya.

Baca Juga :  Targetkan Menang, Gerindra Kotim Gaungkan Prabowo Presiden

Pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung akan diadakan di Taman Kota Sampit pukul 19.00 WIB, Sabtu (20/4/2024) yang akan dihadiri pejabat di lingkup Pemkab Kotim.

”Untuk menyambut kedatangan Bupati Kotim dan sejumlah pejabat lainnya, kami akan tampilkan kesenian daerah, peragaan karungut, tari pedalaman dan peragaan putra putri pariwisata. Kami mengharapkan masyarakat Kotim khususnya di Kota Sampit ikut menyaksikan acara pembukaan Festival Budaya Habaring Hurung di Taman Kota Sampit,” tandasnya. (hgn/ign)



Pos terkait