Festival Keriang Keriut Ditutup Dengan Lomba Getek Hias

festival keriang keriut
MERIAH: Salah satu peserta lomba getek hias Festival Keriang Keriut ke-2 di Sungai Arut, kelurahan Raja Seberang, Sabtu (30/3/2024) (tyo/radar pangkalan bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Lomba getek hias di Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menjadi penutup rangkaian Festival Keriang Keriut II, Sabtu (30/3/2024).

Sebanyak 17 peserta getek hias yang berasal dari semua RT di Kelurahan Raja Seberang, dan beberapa dari Kelurahan Baru mengikuti lomba yang disaksikan ribuan masyarakat yang memadati jembatan di tepi Sungai Arut.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri juga oleh Camat Arsel, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta tokoh masyarakat Kobar HM Ruslan AS dan Hj Nurhidayah.

Start dari RT 01 Kampung China, 17 peserta beriringan menyusuri Sungai Arut hingga ke ujung kampung di RT 05, berbagai ornamen bertemakan keislaman dan nuansa Ramadan dengan pencahayaan obor dan pelita serta lampu hias itu menambah estetika penampilan getek peserta.

Lomba getek hias diwarnai dengan kembang api menambah meriahnya malam penutupan festival.

Baca Juga :  Karhutla di Kotawaringin Barat Makin Tak Terkendali

Camat Arsel Indra Whardana mengatakan bahwa kegiatan Festival Keriang Keriut II  digelar dapat menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kobar.

“Saat ini baru diikuti oleh seluruh RT di Raja Seberang dan Baru, ke depan kita berharap 5 kelurahan bantaran Sungai Arut dapat mengikuti sehingga gelaran tahunan ini lebih meriah dan ramai,” harapnya.

Ia juga berharap agar dengan digelarnya festival berdampak signifikan bagi pembangunan bantaran Sungai Arut terutama pembangunan water front city, serta peningkatan UMKM masyarakat.

“Ini untuk kedua kali saya diundang untuk menutup kegiatan Festival Keriang Keriut,” ujarnya.

Lurah Raja Seberang Yaumil Bahsin menyampaikan bahwa kegiatan Festival Keriang Keriut 2024 ditutup dengan lomba getek hias. Selain itu juga ada beberapa lomba lainnya sejak awal pembukaan festival seperti lomba bintang vokal islami, dan hafalan surah pendek.

“Kedepan kita akan libatkan semua kelurahan bantaran sungai untuk ikut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait