Gabungan Komunitas di Sampit Gelorakan Semangat Donor Darah di Hari Pahlawan

1
AKSI SOSIAL: Gabungan komunitas di Sampit usai melaksanakan kegiatan donor darah di PMI Kotim.

SAMPIT, radarsampit.com – Program ‘Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022’ yang diinisiasi oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) menjadi momen bagi komunitas yang tergabung dalam Fans Club, Suporter, dan Bold Riders Sampit untuk mensosialisasikan manfaat donor darah bagi kemanusiaan kepada masyarakat. Donor darah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan itu digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu. Aksi ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi.

Program dengan tema ‘KITA adalah Pahlawan’ tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas capaian ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian kedua adalah donor darah di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara paralel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

Donor darah massal di Sampit sendiri telah dilaksanakan pada 6 November 2022 di Kantor PMI Kab Kotawaringin Timur. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 47 orang. Namun beberapa calon pendonor gagal ikut karena tidak memenuhi syarat medis, seperti Hb rendah atau tensi darah yang tidak normal. Sehingga hanya 25 orang yang berhasil diambil darahnya. Sebanyak 25 kantong darah yang terkumpul selanjutnya dikelola oleh PMI Kotawaringin Timur untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga :  Touring Jurnalistik, Wartawan dan Bupati Kotim Kunjungi Ujung Pandaran

“Selain tidak memenuhi syarat medis, calon pendonor dengan golongan darah AB juga tidak bisa diterima karena kapasitas penyimpanan darah untuk golongan darah AB sudah terpenuhi. Ada pula yang tidak bisa mendonor karena sudah mendonor satu bulan lalu,” ujar Ali Indra Gunawan selaku penanggung jawab kegiatan, Rabu (23/11).

Pos terkait