Hadapi Arus Mudik, DLU Siapkan 16 Keberangkatan

Hadapi Arus Mudik DLU Siapkan 16 Keberangkatan
TRANSPORTASI LAUT: KM Kirana III sedang berlabuh di Pelabuhan Sampit beberapa waktu lalu.

SAMPIT – PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Sampit mulai bersiap siap menghadapi arus mudik Lebaran. Perusahaan penyeberangan ini menyiapkan 16 call atau keberangkatan dari Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menuju Pulau Jawa.

Manager PT DLU Cabang Sampit Hendrik Sugiharto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua kapal untuk melayani  16 keberangkatan terhitung mulai H-30 Lebaran sampai hari Lebaran.  Kapal Motor (KM) Kirana III menuju Surabaya dan KM Kirana I menuju Semarang masing masing melayani delapan keberangkatan. Kapal tersebut memiliki kapasitas 700 penumpang ditambah angkutan kendaraan.

“Menghadapi arus mudik tahun ini kami menyiapkan 16 keberangkatan menuju pulau Jawa,” ujarnya, Senin (21/3).

Menurutnya, Lebaran tahun ini akan menjadi momen luar biasa bagi masyarakat. Sudah hampir dua tahun lebih, perjalanan domestik diwarnai aturan ketat karena pandemi Covid-19.

Disampaikannya untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini, ada berbagi persiapan yang dilakukan manajemen. Persiapan diawali dengan rapat koordinasi (rakor) seluruh cabang di Solo pada 19 Maret 2022 lalu. Rakor tersebut bertujuan  mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), dan mempersiapkan seluruh armada kapal. Diharapkan semua armada dapat beroperasi dengan maksimal untuk angkutan logistik nasional saat arus mudik angkutan Lebaran.

Baca Juga :  Ungkap Ada Kades Jaminkan Bangunan untuk Bayar Proyek, Asalkan Tak Melapor

“Kami juga mempersiapkan operasional kapal mempersiapkan aspek keselamatan pelayaran dan pelayanan yang maksimal,” ungkapnya.

Hendrik mengimbau masyarakat pulang lebih awal untuk menghindari penumpukan.  Beberapa keuntungan akan didapat masyarakat yang pulang lebih awal diantaranya tarif masih murah, dapat kepastian tempat di atas kapal, tidak berdesak-desakan. Pemudik juga dapat berkumpul dengan sanak keluarga lebih lama.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang mudik agar membawa kendaraan sendiri. Jika membawa kendaraan sendiri tidak bingung mencari atau menyewa transportasi.

“Mumpung tarif tiket kendaraan masih murah jika dibandingkan dengan sewa kendaraan di Jawa,” tuturnya.

Pos terkait