Ikuti Arahan Presiden, Kotim Bakal Berlomba Gunakan Produk Dalam Negeri

Wabup Kotim Irawati
VIRTUAL: Wabup Kotim Irawati didampingi Kepala Diskominfo Kotim Multazam dan Inspektorat Kotim Masri menyimak arahan Presiden Joko Widodo terkait penggunaan produk dalam negeri, Selasa (24/5) sore. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Pemerintah pusat hingga daerah berkomitmen untuk melakukan percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan langsung secara virtual kepada pemerintah daerah terkait produk dalam negeri.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diwakili Wakil Bupati Kotim Irawati, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim Multazam, Inspektorat Kotim Masri,  mengikuti arahan Presiden, Selasa (24/5) sore.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah mendengarkan pengarahan dari Presiden dengan metode virtual terkait dengan komitmen pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah, perintah presiden untuk berlomba-lomba menggunakan produk dalam negeri,” ujar Kepala Diskominfo Kotim Multazam, Selasa (24/5).

Penggunaan produk dalam negeri berimplikasi pada peningkatan ekonomi daerah. Mekanisme peningkatan produk dalam negeri ini juga diawasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Beberapa periode terakhir mereka sudah melakukan proses pengawasan terhadap kedisiplinan pemerintah daerah dalam menggunakan produk dalam negeri.

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Tanah Mas Bisa Jadi Contoh, Dikerjakan Perusahaan dengan Dana Rp 24 Miliar

“Kalau di Kotim implementasinya pada saat awal dibentuklah tim pelaksana. Informasi dari inspektorat, sudah dibentuk, kemudian  minggu ini kita sudah diminta data untuk sistem monitoring dari BPKP terhadap penggunaan produk dalam negeri,” terangnya.

Ketentuan dan peraturan terkait hal tersebut sudah diterbitkan dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022. Penerapan akan dilakukan secara bertahap dan percobaannya mulai  tahun 2022 ini.

Pos terkait